get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Sumut Siap Tindaklanjuti Hasil Risk Assessment Seluruh Venue PON XXI

PON Sumut-Aceh 2024, 36 Cabor Digelar di Sumut

Selasa, 15 Februari 2022 | 18:30 WIB
header img
Gubsu Edy saat diwawancarai oleh wartawan di Rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman, Kota Medan. (Foto: Istimewa).

MEDAN, iNews.id - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyampaikan bahwa Sumut sebagai tuan rumah PON Sumut-Aceh 2024 nanti akan menjadi tempat digelarnya 36 pertandingan Cabang Olahraga. Di mana, sisanya akan dilaksanakan di Provinsi Aceh. 

"Sudah diputuskan, kalau tidak salah Sumut ada 36 Cabor," jelasnya. Selasa (15/2/2022). 

Edy mengatakan, pembukaan PON 2024 bakal digelar di Aceh dan penutupan di Sumut. Sementara itu, Edy juga mengaku Pihaknya bersama dengan Pemerintah Pusat tengah melaksanakan pembangunan venue untuk pertandingan Cabor yang digelar di Sumut. 

"Nanti ke depan 300 hektar itu untuk Sport Center. Kita berharap mungkin 2024 tak terselesaikan semua. Tetapi sebagian besar dia selesai, bisa digunakan. Ke depan olahraga ada di sana, penutupan di Sumut di Sport Center," ucapnya. 

Dalam pembangunan venue pada PON di Sumut. Edy mengatakan menggunakan anggaran dari APBN, APBD Sumut dan investor. Untuk itu, pengerjaan venue tengah dilakukan saat ini. 

Lebih lanjut, Edy mengungkapkan, anggaran pembangunan venue PON yang tengah berjalan berasal dari APBN, APBD, Sumut, dan Investor. 

"Ada yang dari APBN, ada yang APBD dan ada yang dari investasi oleh orang luar," ungkapnya. 

Kemudian, Edy juga menyebutkan Sport Center akan dibangun venue Cabor, tempat rekreasi dan pusat bisnis dengan status Hak Pengelolaan (HPL) di Kabupaten Deli Serdang. 

"Pusat adalah stadion dengan infrastruktur sport center, nanti dikerjakan. Disitu ada sport city untuk olahraga, untuk rekreasi dan untuk bisnis, masing-masing dikerjakan pada porsinya. Bisnis itu ada hotel ada rumah sakit, mall, ada tempat rekreasi  main anak-anak," ucap Edy. 

Edy mengatakan untuk Cabor Sepakbola Putra digelar di Provinsi Aceh. Sedangkan, Cabor Sepakbola Putri digelar di Provinsi Sumut. Namun, ia mengatakan untuk saat pencarian dan pembinaan atlet tengah dilakukan untuk persiapan kontigen Sumut di PON 2024. 

Namun, sambung Edy, Cabor Sepakbola akan dilakukan pembagian venue. Di mana putra digelar di Aceh dan Putri di Sumut. Tak hanya itu, Ia juga menuturkan Pemprov juga tengah fokus melakukan pencarian dan pembinaan para atlet kontingen Sumut  yang akan berlaga di PON 2024. 

"Pemprov Sumut sangat siap dan harus siap tuan rumah bersama PON 2024," pungkasnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut