get app
inews
Aa Read Next : Ketua Komisi 1 DPR RI Dampingi Prabowo Subianto Bertemu PM Australia di Canberra

Prajurit TNI Ngamuk! Komandan Diikat di Tiang Listrik

Selasa, 15 Februari 2022 | 11:46 WIB
header img
Ilustrasi TNI (Foto: Istimewa)

Prabowo mengaku mengenal sosok Himawan Soetanto saat dirinya masuk AKABRI. Saat itu, yang bersangkutan menjabat sebagai Wakil Gubernur AKABRI Bidang Operasi Pendidikan. Memiliki kemampuan bahasa Inggris, Belanda dan Jepang, Himawan Soetanto merupakan sosok pemimpin yang berwawasan luas karena gemar membaca, santai dan tidak kaku serta dekat anak buah.

”Belajar dari Pak Himawan Soetanto tersebutlah, saya mempunyai kebiasaan mengecek detail dapur dan pelengkapan anak buah. Pada suatu waktu saya pernah menemukan pakaian dalam prajurit sudah cokelat bukan putih lagi. Saya juga pernah menemukan korupsi yang paling banyak itu selalu dari dapur. Daging satu kilogram untuk 16 orang. Akhirnya di TNI sempat disebut daging silet. Karena daging setipis silet. Tragis,” kenangnya.

Masalah makan, kata Prabowo, adalah sangat vital untuk prajurit. Bahkan, Napoleon Bonaparte, pemimpin militer terbesar dalam sejarah Prancis pernah mengatakan bahwa suatu tentara itu bergeraknya di atas perut. Artinya, kalau tidak ada makan, suatu tentara tidak mungkin bergerak. ”Saya anjurkan kepada seluruh yang ingin menjadi pemimpin yang baik, jangan pernah mencuri dari anak buah. Ini adalah rumus paling cepat untuk saudara dilawan oleh anak buah,” tuturnya.

Prabowo juga mengingat nasihat yang disampaikan seniornya angkatan 68 yang bernama Sunarto. Karena ada beberapa Sunarto yang leting 68 beliau diberi nama Sunarto Bulu karena badannya lebat dengan bulu di tangan, di dada dan seluruh badannya. ”Prabowo, kelemahan perwira muda tidak pernah mau ngurus logistik. Tidak pernah mau urusan dapur. Kalau mau berhasil, kalau kamu mau dicintai anak buah, uruslah makan mereka, periksalah dapur setiap pagi,” kenangnya.

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut