get app
inews
Aa Read Next : Pengurus Yayasan Gelar Halal Bi Halal dan Peletakan Batu Pertama Klinik UISU

Pengurus Yayasan UISU Periode 2024-2029 Aktif Jalankan Amanah Pembina, Berikut Uraiannya

Jum'at, 05 April 2024 | 21:30 WIB
header img
Ketua Umum Yayasan UISU, Ir Indra Gunawan. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Pengurus Yayasan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) periode 2024-2029 aktif menjalankan amanah sesuai hasil rapat Pembina Yayasan UISU pada 17 Januari 2024. Di antaranya, capaian pengurus yayasan dan capaian akademik.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum Yayasan UISU, Ir Indra Gunawan, MP didampingi Sekretaris Umum Muhammad Idris SH, MH dan Bendahara Umum Ir Armansyah, MT usai silaturahmi dan buka puasa bersama sejumlah wartawan di Hotel Madani, Kota Medan, Kamis (4/4/2024).

Ia menguraikan bahwa capaian Pengurus Yayasan UISU meliputi tata kelola sumber daya manusia (SDM), pengurus mengangkat 163 tenaga pendidik (Tendik) di lingkungan UISU menjadi Tendik tetap. Kemudian, menata dosen dan Tendik di lingkungan UISU yang masih dalam proses sejak 1 Maret 2024.

Selain itu, tata kelola regulasi seperti penyempurnaan status UISU, penyempurnaan peraturan yayasan, dan penyusunan peraturan yayasan juga dilakukan. Begitu pula tata kelola aset, seperti inventarisasi aset bergerak dan tidak bergerak yayasan, penguatan alas hak yayasan, dan pengadaan aset yayasan.

Dijelaskannya, kerja sama juga tak kalah pentingnya. Misalnya, rencana pelaksanaan Muswil Apperti Sumut, Seminar Nasional Pendidikan Tinggi dan Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi, serta Penyusunan dan Pelantikan Pengurus Apperti Sumut berdasarkan mandat pengurus Apperti pusat kepada Yayasan UISU.

"Kegiatan sosial juga menjadi fokus, termasuk pembagian takjil kepada pengguna jalan di Jl. SM Raja, Medan, pemberian sembako kepada jamaah tarawih Masjid Jami’ Al Munawarah UISU, pemberian tali kasih kepada anak pendiri Yayasan UISU, dan pemberian bingkisan lebaran kepada 73 warga di sekitar kampus," jelasnya.

Dari sisi humaniora, sambung Indra, dilakukan penyusunan biografi pendiri Yayasan UISU serta penyusunan buku saku yayasan UISU. Pemberian insentif publikasi karya ilmiah HKI dan tunjangan profesor juga menjadi bagian dari upaya tersebut.

Sementara itu, dalam bidang akademik, UISU telah mencapai beberapa prestasi, antara lain terakreditasinya Program Studi (Prodi) S3 kajian Bahasa Inggris (akreditasi awal). Selain itu, juga membentuk tim percepatan akreditasi unggul untuk delapan prodi S1 dan S3 serta AIPT.

Pihak universitas juga berhasil memperoleh kuota 60 mahasiswa Pendidikan Kelapa Sawit dari Ditjen Perkebunan untuk Fakultas UISU dan membuka kelas Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di semester ganjil dan genap.

Di sisi lain, sambungnya, terkait bantuan pendidikan, pihaknya memberikan berbagai bentuk dukungan kepada mahasiswa. Hal ini termasuk pemberian beasiswa untuk prestasi hafiz Alquran dan prestasi olahraga tingkat nasional maupun internasional. "Selain itu, tersedia juga beasiswa KIP (penambahan kuota 100 mahasiswa), beasiswa BSI, serta bantuan beasiswa lainnya.

Dalam silaturahmi yang hangat itu, Indra Gunawan menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang erat dengan rekan-rekan media selama ini. Dukungan berita dari media membantu UISU tetap diakui sebagai lembaga pendidikan berkualitas dan menjadi tempat berbagi ilmu bagi masyarakat luas. “Semoga kerja sama ini terus berjalan baik, sehingga memberikan dampak positif di tengah masyarakat luas,” harapnya.

Acara diakhiri tausiah singkat sebelum ditutup buka puasa bersama. Hadir dalam kegiatan itu di antaranya, Ketua Bidang Pengembangan Kampus Teuku Daudsyah SH, MH, Ketua Bidang Organisasi dan SDM Dr Dani Sintara SH, MH, Ketua Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah H Bagus Handoko, SE, MM, Ketua Bidang Dana dan Usaha serta Humas T. Ariel Hasan Delikhan, SSos, MH, Ketua Badan Perwakilan Hj Masnun Nasution, SH, MH dan lainnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut