get app
inews
Aa Read Next : Satika Simamora Berbagi Kasih Bersama Korban Kebakaran Pasar Tradisional Tarutung

Penampakan Rumah Bersejarah Peninggalan Belanda Berusia Ratusan Tahun Hangus Terbakar di Madina

Rabu, 03 April 2024 | 10:00 WIB
header img
Penampakan Rumah Bersejarah Peninggalan Belanda Berusia Ratusan Tahun Hangus Terbakar di Madina. (Foto: Ahmad Husein Lubis)

MADINA, iNewsMedan.id - Rumah bersejarah peninggalan Belanda hangus terbakar di Kecamatan Kotanopan, Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut), Selasa (2/4/2024). Bangunan bersejarah itu merupakan aset Pemprov Sumut.

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Madina menerjunkan satu unit mobil untuk memadamkan api. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran dan masih diselidiki polisi.

"Unit yang terbakar merupakan rumah peninggalan zaman Belanda yang sekarang ini merupakan aset Pemerintah Provinsi Sumatera Utara," ujar Kepala Damkar dan Satpol PP Madina, Yuri Andri, Selasa (2/4/2024). 

Bangunan berusia ratusan tahun yang terbuat dari kayu itu dulunya pernah dijadikan salah satu kantor Pemerintahan Belanda saat menguasai tanah Tapanuli.

"Setelah terjadi kebakaran, rumah tersebut hampir tidak dapat digunakan lagi," ucapnya.

Banyak warga yang menyayangkan kebakaran yang menghanguskan bangunan bersejarah tersebut. Selama ini bangunan itu terkesan tidak terawat dan dibiarkan rusak sejak lama.    

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut