get app
inews
Aa Read Next : Bandara Kualanamu Layani 24.055 Penumpang Pada Puncak Arus Balik Nataru 2024

Pesawat Lion Air Pengalihan Pendaratan ke Bandara Kualanamu karena Penutupan Wilayah Udara Sri Lanka

Senin, 11 Maret 2024 | 22:48 WIB
header img
Pesawat Lion Air Pengalihan Pendaratan ke Bandara Kualanamu karena Penutupan Wilayah Udara Sri Lanka. (Foto: Istimewa)

DELISERDANG, iNewsMedan.id - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-106 yang sedang dalam perjalanan dari Surabaya menuju Jeddah terpaksa melakukan pengalihan pendaratan ke Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deliserdang, Senin (11/3/2024) malam. Hal ini disebabkan adanya perubahan waktu berlakunya pemberitahuan resmi (NOTAM) dari otoritas di Sri Lanka yang menyatakan penutupan sementara wilayah udara di negara tersebut.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan bahwa pengalihan pendaratan ke bandar udara alternatif ini dilakukan sebagai prosedur standar dalam operasional penerbangan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan. 

"Pengalihan tersebut bukan disebabkan oleh masalah teknis pada pesawat," kata Danang dalam siaran pers yang diterima wartawan, Senin malam.

Sebelum mendarat di Bandar Udara Internasional Kualanamu, pesawat melakukan holding di udara untuk beberapa waktu dengan tujuan mengurangi berat pesawat melalui pemakaian bahan bakar. 

"Langkah ini diambil untuk memastikan pendaratan sesuai dengan limitasi berat pesawat saat melakukan pendaratan," terang Danang.

Setelah berhasil mendarat dengan selamat di Bandar Udara Internasional Kualanamu, rencananya pesawat akan melanjutkan penerbangannya menuju Jeddah setelah bandar udara di Colombo, Sri Lanka, dibuka kembali dan dianggap aman untuk dilayani. 

"Seluruh prosedur yang diambil dalam kejadian ini menunjukkan komitmen Lion Air dalam menjaga keselamatan penumpang dan kru pesawat," tegas Danang.

Danang menambahkan bahwa Lion Air dengan nomor penerbangan JT-106 saat ini telah kembali melanjutkan perjalanannya. 

"Pesawat tersebut sudah lepas landas dari Kualanamu dan kini sedang dalam penerbangan menuju Jeddah," tandas Danang.

Hal ini menjadi pengalaman yang menarik dan mengingatkan bagi Lion Air dalam menghadapi situasi darurat di udara, serta memberikan jaminan keselamatan bagi seluruh penumpangnya. Semoga kejadian serupa tidak terjadi lagi di masa mendatang.

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut