get app
inews
Aa Read Next : KSAU Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono Berpengalaman Terbangkan Jet Tempur F16, Su30 serta Su27

UMKM Perempuan Tonggak Tangguh dan Kreatif dalam Perekonomian Indonesia

Kamis, 07 Maret 2024 | 19:00 WIB
header img
Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dijalankan oleh perempuan memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Dengan menggali dan mengaplikasikan kreativitas perempuan, UMKM dapat menjadi lebih inovatif, berdaya saing, dan berkelanjutan dalam memajukan ekonomi lokal dan nasional.

Hal tersebut dikatakan Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid dalam kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh Ditjen APTIKA Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Komisi I DPR RI beberapa waktu lalu.

"UMKM perempuan tidak hanya memberikan kontribusi ekonomi, tetapi juga membentuk dasar yang kokoh untuk mewujudkan perekonomian yang inklusif dan berkelanjutan," ucap Meutya.

Dalam kegiatan bertajuk 'UMKM Perempuan Tangguh dan Kreatif' tersebut, Meutya Hafid juga mengatakan bahwa dukungan penuh terhadap UMKM perempuan merupakan investasi dalam pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"UMKM perempuan memberikan kontribusi nyata dalam mengedepankan kesetaraan gender di bidang ekonomi, membangun jembatan menuju pemberdayaan perempuan secara menyeluruh," terangnya.

Founder Qavia Natural Cosmetics, Popy Ayu Afsari juga menambahkan menciptakan UMKM yang tangguh dan berkelanjutan merupakan langkah penting dalam memajukan perempuan secara ekonomi.

"Mendukung UMKM dalam strategi promosi dan pemasaran yang efektif, termasuk penggunaan media sosial dan platform digital untuk meningkatkan visibilitas dan akses pasar juga termasuk sebagai langkah penting yang harus dilakukan oleh UMKM perempuan," ujarnya.

"Karena digital dan media sosial sudah sangat masif dan efektif pada sekarang ini, maka UMKM yang dilakukan melalui digital pasti akan berpengaruh pada tingkat penjualan," sambung Popy Ayu.

Sementara itu, Founder Gempita Production Mey Umra menambahkan bahwa perempuan memiliki potensi kreativitas yang besar dalam mengembangkan UMKM.

“Perempuan seringkali membawa inovasi baru dalam pengembangan produk UMKM, baik melalui desain, kualitas, atau penggunaan bahan-bahan lokal yang unik. Perempuan dapat menghadirkan pendekatan pemasaran yang kreatif, termasuk strategi branding, penggunaan media sosial, dan penyelenggaraan acara promosi yang menarik," tambahnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut