get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Sumut Dukung Polisi Selidiki Video dan Foto Mesum yang Diduga Diperankan Sekda Taput

F1 Powerboat 2024, Pj Gubernur: Okupansi Hotel dan Penginapan Meningkat 100 Persen

Sabtu, 02 Maret 2024 | 13:32 WIB
header img
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, menyampaikan keterangan soal pelaksanaan F1 Powerboat  2024 di media center F1 Powerboat, Balige, Toba. (Foto: Istimewa)

BALIGE, iNewsMedan.id - Perekonomian Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut), menggeliat sebesar 100 % pada hari pertama penyelenggaraan F1 Powerboat (F1H2O) 2024, Sabtu (2/3/3034). Hal itu terlihat dari okupansi penginapan atau hotel.

“Dari laporan yang saya terima, tingkat okupansi penginapan dan hotel meningkat 100%, homestay juga,” kata Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, pada konferensi pers yang berlangsung di media center F1 Powerboat, Balige, Toba, Sabtu (2/3/2024).

Selain hotel dan penginapan, kata Hassanudin, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga memenuhi  sekitar kawasan venue balapan. Ia menyebut, UMKM pun merasakan dampak event internasional tersebut.

Ditambahkan Hassanudin, event internasional harus memberi manfaat langsung pada masyarakat. “Dampak kepada masyarakat  Sumut, khususnya Toba, menjadi penting, itulah yang menjadi perhatian kita semua,” jelasnya.

Hassanudin bersyukur dengan adanya pelaksanaan event internasional itu berlangsung di Sumut. Ia berharap dengan adanya event akbar internasional rutin di Sumut, dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian Sumut.

“Kami berharap F1 Powerboat  dapat terus berjalan hingga waktu ke depan,” kata Hassanudin.

Ditanya soal persiapan pelaksanaan F1 Powerboat, Hassanudin mengatakan bahwa tidak ada kendala sama sekali. Persiapan berjalan lancar dan diharapkan seperti itu sampai event tersebut berakhir.

“Terkahir kami cek persiapannya tanpa kendala, kita memastikan ini berjalan lancar, kita berangkat dari hasil tahun lalu, dari situ kita evaliasi kekurangan dari tahun lalu,” terangnya.

Sementara itu, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, menjamin situasi dan kondisi di kawasan penyelenggaraan event tersebut aman dan terkendali.

"Ada sekitar 1.170 personel gabungan yang terdiri dari Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD, Basarnas, dan instansi terkait lainnya, yang dikerahkan untuk pengamanan," ujarnya.

“Penyelenggaraan ini tidak terlepas dari dukungan seluruh stakeholder di Sumut, sehingga kita bisa menata sistem yang efisien dan efektif dalam menjaga keamanan selama acara,” sambungnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Baharuddin Siagian, Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus dan pejabat terkait lainnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut