get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Sumut Lepas Parade Ambulans, Siap Tangani Kejadian Darurat Selama PON XXI

Mahasiswa Nilai Penunjukan Agus Fatoni Sarat Kepentingan Politik di Pilgub Sumut

Selasa, 25 Juni 2024 | 16:02 WIB
header img
Mahasiswa Nilai Penunjukan Agus Fatoni Sarat Kepentingan Politik di Pilgub Sumut. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Aliansi Mahasiswa Sumatera Utara Bersatu menolak kehadiran Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Agus Fatoni. Massa aksi menduga kehadiran Agus sarat kepentingan politik di Pilgub Sumut 2024.

"Menolak kehadiran Pj Gubsu Agus Fatoni," ucap Ketua Umum JMI-SU, Irwandi Pratama di depan Kantor Gubernur Sumut, Kota Medan, Selasa (25/6/2024).

Irwandi menambahkan bahwa banyak putra-putri daerah asal Sumut yang lebih layak dan memenuhi persyaratan untuk menjadi PJ Gubernur Sumatera Utara.

"Kami menolak orang luar menjabat sebagai Pj Gubernur di Sumatera Utara. Saudara Agus Fatoni Selama Menjabat Sebagai Pj Gubernur Sumatera Selatan dikabarkan banyak lalai akan tanggungjawabnya. Hal Ini, kami khawatirkan pembangunan di Sumatera Utara semakin memburuk," ucap Irwandi.

"Kami duga saudara Agus Fatoni selama menjabat sebagai Pj Gubernur Sumsel dikabarkan melakukan penggelembungan harta dengan menyalahgunakan jabatannya, serta melakukan dugaan jual beli jabatan," sambung Irwandi.

Sementara itu, Ketua PB HM IKLAB Raya, Irham Sadani Rambe, mengaku resah dengan pergantian Pj Gubsu dari Hassanudin kepada Agus Fatoni.

Menurutnya, pergantian Pj Gubsu sarat kepentingan politik. Kedua, masih banyak putra daerah potensial menjadi Pj Gubsu. Ketiga, pihaknya menduga Agus Fatoni sarat dengan masalah saat selama menjabat Pj Gubernur Sumsel.

"Kita tidak ingin mengatakan atas nama siapa, mungkin teman-teman media tau atas nama siapa, pokoknya kita tidak ingin demokrasi di Sumut diobrak-abrik," tegasnya.

Lalu soal Agus Fatoni sarat masalah, Irham mengatakan pihaknya menilai selama menjabat Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni diduga melakukan banyak jual beli jabatan.

Kedua karena kekayaan Agus Fatoni bertambah. "Ketiga saya yakin dengan teman-teman semua mahasiswa, kita yakin saudara Agus Fatoni ini tidak paham terkait kondisi Sumatera Utara," sebutnya.

"Orang yang tidak paham tentang daerah kita, masa mau kita jadikan pemimpin. Itu tidak mungkin. Sebenarnya ini tidak perlu kali saudara Agus Fatoni sebagai Pj Gubernur Sumut. Pokoknya banyak hal yang kita duga, karena beliau track record-nya kurang baik sebagai Pj Gubernur Sumsel," tambahnya.

Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumut, Poppy Marulita Hutagalung, mengatakan akan menyampaikan aspirasi itu kepada pimpinan.

"Saya datang menerima adik-adik, kami akan menerima semua apa yang menjadi keluh kesah yang tadi disampaikan ke kami. Sekali lagi semua aspirasinya, nanti akan kami terima," kata Poppy kepada massa aksi.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut