get app
inews
Aa Read Next : Pengembangan Kawasan Danau Toba: Membangkitkan Ekonomi Sumatera Utara

Ragam Event Berskala Internasional di Danau Toba Jadi Lokomotif Kebangkitan Ekonomi Sumatera Utara

Selasa, 19 Maret 2024 | 18:00 WIB
header img
Ragam Event Berskala Internasional di Danau Toba Jadi Lokomotif Kebangkitan Ekonomi Sumatera Utara. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Pariwisata memiliki peran penting bagi pembangunan berkelanjutan, mendorong pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD), meningkatkan intensitas perdagangan internasional, dan menaikkan investasi global.

Sektor pariwisata akan menjadi lokomotif perekonomian Sumatera Utara karena memiliki potensi besar, baik amenity, destinasi artifisial, alam, maupun budaya.

Salah satu destinasi wisata yang terus dikembangkan adalah Danau Toba, dengan basis alam dan budaya semakin memperkokoh kawasan itu sebagai destinasi utama di Sumatera Utara.

Hal ini terbukti dengan terselenggaranya event Internasional F1 Powerboat 2024 di Danau Toba, pada 2-3 Maret 2024 lalu, di mana sektor pariwisata sangat mendukung perekonomian Provinsi Sumatera Utara.


Ragam Event Berskala Internasional di Danau Toba Jadi Lokomotif Kebangkitan Ekonomi Sumatera Utara. (Foto: Istimewa)

Terlihat pada pelaksanaan F1 Powerboat 2024, tingkat okupansi penginapan atau hotel di Balige, Toba, meningkat 100 persen.

Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin, mengungkapkan jika event balap perahu motor itu memberikan dampak ekonomi positif bagi pelaku usaha pariwisata Sumut, khususnya di kawasan Danau Toba.

“Dari laporan yang saya terima, tingkat okupansi penginapan dan hotel meningkat 100%, homestay juga,” ucap Hassanudin, pada pembukaan F1 Powerboat 2024, Sabtu (2/3/2024).

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut