get app
inews
Aa Read Next : Macan Tutul Jawa Muncul di Kawasan Kuningan, Warga Urungkan Niat Beraktivitas ke Kebun

Kehadiran Macan Tutul Hebohkan Warga Salajambe

Kamis, 10 Februari 2022 | 12:35 WIB
header img
Macan Tutul

KUNINGAN, iNews.id - Kehadiran macan tutul membuat heboh warga Desa Padahurip, Kecamatan Salajambe, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Pasalnya, hewan tersebut sempat terlihat pada saat masuk ke kebun milik warga. 

Temuan itu seperti laporan yang diterima petugas Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah III Ciamis. Dalam laporan itu, beberapa warga mengaku sempat melihat macan tutul dengan ukuran berbeda berada di kebun milik warga. Atas laporan itu, kemungkinan besar terdapat dua macan tutul yang berada di lokasi perkebunan warga itu. 

Menindaklanjuti laporan warga, petugas segera melakukan monitoring di lokasi. Dari monitoring itu, di lokasi terlihat  macan tutul berusia sekitar 3 tahun.  

"Dari hasil monitoring benar memang ada macan tutul yang terpantau berada di kebun masyarakat dan posisinya mungkin terjebak dan diam, dalam artian waspada karena berada di lingkungan masyarakat," kata Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah III Ciamis Andi Witria dalam keterangan tertulis yang diterima MPI, Kamis (10/2/2022). 

Setelah dipastikan ada macan tutul di areal perkebunan warga, kata dia, petugas langsung melakukan upaya evakuasi. Selain itu, warga setempat juga diimbau untuk tidak beraktivitas di perkebunan, lokasi macan itu terlihat. 

"Kami melakukan usaha rescue kepada macan tutul itu dengan berbagai upaya, melalui pemasangan jebakan agar bisa bisa dipindahkan. Kemudian kami mencoba juga menyiapkan senapan bius untuk jaga-jaga," ujar dia.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut