get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hardiknas 2024, Pj Gubernur Sebut IPM Sumut Terus Meningkat hingga di Atas Angka Nasional

Pendidikan dan Pelatihan Standar Pengamanan ICITAP Bagi Petugas Lapas Medan Sukses Digelar

Sabtu, 24 Februari 2024 | 10:45 WIB
header img
Pendidikan dan Pelatihan Standar Pengamanan ICITAP Bagi Petugas Lapas Medan Sukses Digelar. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan melaksanakan kegiatan penutupan Pendidikan dan Pelatihan Pengamanan ICITAP (Internasional Criminal Investigative Training Assistance Program) di Aula Pengayoman Lapas Medan.

Kegiatan yang sudah dilaksanakan sejak Senin, 19 Februari 2024 ini telah sukses digelar sampai penutupan pada Jumat, 2 Februari 2024.

Kalapas Kelas I Medan, Maju Amintas Siburian sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas terselenggaranya kegiatan pelatihan tersebut.

"Kegiatan positif ini, menjadi kehormatan bagi kami khususnya di Jajaran UPT di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumut perdana dilaksanakan," ujarnya.

"Dan petugas pengamanan kami bersama-sama telah mengikuti pelatihan selama 5 hari, atas nama pimpinan kami mengucapkan terimakasih atas bekal pelatihan yang telah diberikan,” jelasnya.

Sementara itu, Senior Corrections Technoc Advisor ICITAP, Joseph Savidge bersama dengan Project Coordinator, Atas Tamba dalam sambutannya menyampaikan rasa kebersamaan dalam pelatihan yang telah selesai dilaksanakan.

"Akhirnya kita tiba di titik akhir, di hari Jumat, saya berterimaksih kepada Bapak Kalapas, Kepada Ibu-ibu yang sudah mengurus keperluan makan kami, materi-materi yang menarik bersama kita bahas disini, bagaimana saya selalu mengingatkan kunci ganda pada Borgol, saya sangat terhibur dan momen itu akan saya ingat,” ujarnya.

“Saya juga berharap ilmu yang kalian dapat selama di Pelatihan ini, berbagilah kepada teman-teman petugas di Lapas Medan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Direktur Pengamanan dan Intelijen melalui Ketua Kelompok Kerja Intelijen, M. Dwi Sarwono menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya kepada Lapas Kelas I Medan.

“Ditjenpas dan ICITAP sudah selama 12 tahun bekerjasama secara konsisten dalam memberikan pelatihan-pelatihan dan penyusunan dalam regulasi, disini kami hadir bukan hanya sebagai narasumber/ instruktur, kami juga belajar bagaimana Lapas Kelas I Medan dengan ribuan warga binaan, Bapak Kalapas sebagai pemimpin mampu dalam menciptakan kondisi aman dan kondusif, hal ini dibuktikan dengan Lapas Kelas I Medan berwarna hijau, artinya semua kegiatan ini merupakan proses belajar untuk menciptakan Lapas yang aman dna kondusif,” ujarnya.

Ronald Michael Sitepu, salah satu peserta yang merupakan Petugas Jaga mengaku puas atas pelatihan yang telah diberikan oleh pihak Lapas.

"Kami sebagai petugas khususnya di bagian pengamanan jadi lebih memahami banyak SOP yang harus dijalankan, bagaimana dengan menggunakan alat pengamanan, secara SOP,  harapanya kegiatan pelatihan seperti ini terus dilaksanakan karena menjadi bekal bagi kami petugas, terimakasih,” jelasnya.

Sebagai informasi, kegiatan itu ditutup dengan penyerahan secara simbolis sumbangan borgol tangan, kaki dan juga rantai dari The United States Department of Justice, International Criminal Investigative Training Assistance Program (ICITAP) selanjutnya penyerahan cendramata oleh Kalapas Kelas I Medan kepada instruktur pelatihan.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut