get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Labuhanbatu Selatan bersama PJU Kunjungi Kantor PPK Kecamatan Kampung Rakyat

Revi Nurvelani Sebut Proses Pemungutan Suara di Wilkum Polres Nias Berjalan Aman dan Lancar

Kamis, 15 Februari 2024 | 21:06 WIB
header img
Polisi Kawal Logistik Pemilu hingga ke Pulau Terpencil di Nias. (Foto: Istimewa)

NIAS, iNewsMedan.id - Kapolres Nias, AKBP Revi Nurvelani, menyampaikan situasi proses pemungutan suara Pemilu 2024 di wilayah hukum Polres Nias berjalan aman dan lancar. Hal itu termasuk di tujuh tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di pulau terluar.

Revi Nurvelani mengatakan pemungutan suara di tujuh TPS yang berada di pulau terluar di wilayah hukum Polres Nias berjalan dengan lancar dan sesuai jadwal.

“Alhamdulillah Pemilu 2024 di wilayah hukum Polres Nias berjalan lancar dan aman, termasuk pelaksanaan pemungutan suara di 7 TPS di pulau terluar bisa terlaksana dengan baik,” kata Revi Nurvelani, Kamis (15/2/2024).

Mantan Kapolsek Medan Kota ini menyebut, tujuh TPS di pulau terluar itu masing-masing berada di Kepulauan Hinako, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Pulau Imana dan Pulau Bawasawa.

Revi Nurvelani mengatakan untuk tiba di Kepulauan Hinako memerlukan waktu satu sampai dua jam menggunakan kapal bermotor.

“Dari 7 TPS di pulau terluar itu lima TPS ada di Pulau Hinako, satu TPS di Pulau Imana dan satu TPS di Pulau Bawasawa. Bersyukur semua surat suara dari kepulauan terluar ini sudah digeser ke kantor PPK dengan aman dan tanpa kendala,” ungkap Revi Nurvelani.

Revi Nurvelani mengatakan salah satu kekhawatiran baik dalam proses distribusi logistik Pemilu maupun pergeseran surat suara setelah pencoblosan adalah kondisi cuaca.

Namun, selama proses pergeseran logistik hingga surat suara menggunakan kapal motor, berjalan lancar dan cuaca mendukung.

“Kendala yang sangat kami antisipasi adalah cuaca buruk dan gelombang tinggi, sehingga saat distribusi logistik, berdasarkan hasil rapat KPU dan Bawaslu, dilakukan sehari lebih cepat. Dalam proses pergeseran logistik ke TPS terluar ini kami menugaskan 7 personel untuk mengawal saat distribusi hingga pengamanan TPS dan pergeseran surat suara ke kantor PPK,” sambung Revi Nurvelani.

Revi Nurvelani menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat di wilayah hukum Polres Nias yang menjaga kondusifitas sehingga Pemilu 2024 berjalan dengan aman, lancar, jujur dan adil (jurdil).

Revi Nurvelani mengatakan saat ini pihaknya bersama TNI dan penyelenggara Pemilu terus mengawal pergeseran surat suara dari TPS ke kantor PPK hingga proses rekapitulasi berjenjang yang akan dilakukan.

“Terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, dan pemuda yang menjaga suasana tetap kondusif. Kami juga mengapresiasi semangat personel Polri dan TNI yang telah bekerja tanpa kenal lelah sehingga pesta demokrasi berjalan damai dan lancar,” pungkas Revi Nurvelani.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut