get app
inews
Aa Read Next : UMKM Pelopor Kemajuan Ekonomi Bangsa

Gerakan Moral Guru Besar USU, Sampaikan Keprihatinan Rusaknya Nilai Etika dan Perilaku Berdemokrasi

Senin, 05 Februari 2024 | 19:40 WIB
header img
Gerakan Moral, guru besar, dosen dan alumni Universitas Sumatera Utara (USU) menyampaikan keprihatinan dan pernyataan sikap terkait keadaan bangsa dan negara saat ini. (Foto: Jafar/iNewsMedan.id)

MEDAN, iNewsMedan.id - Gerakan Moral, guru besar, dosen dan alumni Universitas Sumatera Utara (USU) menyampaikan keprihatinan dan pernyataan sikap terkait keadaan bangsa dan negara saat ini.

Mereka mengungkapkan keresahan mereka terhadap berbagai gejala yang berkaitan dengan rusaknya nilai-nilai etika dan perilaku dalam sistem kehidupan politik yang sedang berlangsung di Indonesia.

Dalam pernyataan sikap yang disampaikan, Gerakan Moral menekankan beberapa poin penting.

"Hal ini sebagai upaya menjaga keutuhan hidup berbangsa dan bernegara serta menjaga suasana tertib, aman, dan damai selama dan setelah pelaksanaan pemilu," kata Guru Besar Fakultas Hukum USU Prof. Dr. Ningrum Natasya Sirait, S.H., M.Li di Gedung Pancasila USU, Senin (5/2/2024) petang.

Adapun tiga poin penting yang disampaikan oleh Guru Besar USU dibacakan oleh Prof. Ir. Nurlisa Ginting M.Sc., Ph.D

Pertama, mereka mendesak Presiden Republik Indonesia dan seluruh jajarannya dari pemerintah pusat hingga daerahnya untuk bersikap netral dalam pelaksanaan Pemilihan Umum 2024. 

Kedua,  Gerakan Moral juga mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta seluruh jajaran mereka untuk tetap menjaga netralitas, kejujuran, keadilan, dan mencegah terjadinya kecurangan dalam pemilu mendatang. Hal ini penting agar proses pemilu berjalan dengan transparan dan akuntabel.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut