get app
inews
Aa Read Next : Ancaman Bagi Orang yang Wafat Namun Tidak Pernah Shalat

Mengenal Rizal Ramli, Mantan Menko Perekonomian yang Wafat di Usia 69 Tahun

Rabu, 03 Januari 2024 | 11:00 WIB
header img
Mantan Menko Perekonomian, Rizal Ramli. (Foto: iNewsMedan.id/Jafar)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Mantan Menko Perekonomian, Rizal Ramli, meninggal dunia di RS Cipto Mangunkusumo, pada Selasa (2/1/2024) malam. Ia wafat di usia 69 tahun.

"Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami. Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya," bunyi keterangan yang diterima iNews.id, Selasa (2/1/2024).

Profil Rizal Ramli 

Rizal Ramli lahir pada 10 Desember 1954 di Padang, Sumatera Barat. Pendidikannya S1 ia tempuh di Institut Teknologi Bandung (ITB)  jurusan Teknik Fisika. Semasa itu, ia dikenal aktif sebagai tokoh pergerakan mahasiswa.

Tak cuma itu, ia juga dikenal sebagai ahli ekonomi dan politisi Indonesia. Bahkan, lulusan Doktor Ekonomi Boston University ini pernah dipercaya sebagai anggota tim panel penasihat ekonomi di PBB.

Kariernya di pemerintah diawali dengan menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menggantikan Kwik Kian Gie. Ia bahkan merancang 10 program percepatan pemulihan ekonomi. Setelah itu, Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menggeser Rizal Ramli menjadi Menteri Keuangan pada 12 Juni 2001.

Terakhir, ia menjabat sebagai Menko Perekonomian hingga 9 Agustus 2001 dan digantikan oleh Budiono. Selamat jalan Rizal Ramli..

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut