get app
inews
Aa Read Next : Forwakes Sumut Gelar Buka Puasa dan Cek Kesehatan untuk Anak Panti

Seminar Kesehatan Forwakes: Menjelajahi Peningkatan Kasus HIV/AIDS di Sumatera Utara

Sabtu, 16 Desember 2023 | 20:03 WIB
header img
Seminar Kesehatan Forwakes: Menjelajahi Peningkatan Kasus HIV/AIDS di Sumatera Utara (iNewsMedan.id)

MEDAN, iNewsMedan.id- Kasus HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immunodeficiency Syndrome) di Sumatera Utara (Sumut) menunjukkan peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Sumut, kasus HIV kumulatif (1992 - Oktober 2023) tercatat mencapai 25.665 kasus. 

Demikian disampaikan Dokter Yulinda Elfi Nasution dalam Seminar Kesehatan Hari Aids Sedunia Kenal, Cegah dan Stop Stigma pada ODHIV (Orang Dengan HIV) yang diadakan Forum Wartawan Kesehatan (Forwakes) Sumut di RS Universitas Sumatera Utara, Sabtu (16/12). Kehadiran dokter Yulinda dalam acara tersebut mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin.

"Untuk kasus baru pada periode Januari - Oktober 2023 sebanyak 2.928 orang di Sumut yang HIV serta jumlah ODHIV (Orang Dengan HIV) yang sedang minum obat sebanyak 8.885 orang," Dokter Yulinda. 

Dia mengatakan keberhasilan pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS sangat ditentukan oleh kerjasama seluruh jajaran lintas sektor. Sasaran pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS di Indonesia adalah mencapai 3 Zeroes yaitu tidak adalagi kasus HIV tidak adalagi kematian terkait AIDS dan tidak adalagi stigma dan diskriminasi terhadap Orang Dengan HIV menuju ending AIDS Tahun 2030. 

"Hari AIDS sedunia setiap tahunnya diperingati setiap 1 Desember 2023. Kita mengajak segenap pemangku kepentingan dan lapisan masyarakat untuk semakin memperkuat komitmen peran serta dan dukungan dalam mencegah dan mengendalikan HIV/AIDS guna mencapai ending AIDS tahun 2030," jelasnya. 

Editor : Ismail

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut