get app
inews
Aa Read Next : Jangan Sampai Kena Kutuk Doa Malaikat Jibril Seusai Bulan Ramadhan

Hari Jumat, Hadiah dari Allah Ta'ala untuk Umat Muslim

Jum'at, 15 Desember 2023 | 11:34 WIB
header img
Hari Jumat adalah hari yang begitu dimuliakan. Foto: Okezone

Demikian pula halnya dengan umat Nasrani.

Al-Hafiz Ibnu Katsir melanjutkan penjelasannya,

Mereka tetap teguh dengan ibadah pada hari Sabtu hingga Allah mengutus Isa bin Maryam. Kemudian terdapat beragam versi mengenai hal itu. Ada yang mengatakan bahwa Allah mengubahnya menjadi hari Ahad. Ada juga yang menyatakan bahwa mereka tidak meninggalkan hukum Taurat, kecuali beberapa peraturan yang dihapuskan oleh Injil. Mereka tetap memegang hari Sabtu hingga saat Allah mengangkat Isa. Setelah itu, pada masa kekuasaan Kekaisaran Konstantinopel, oleh umat Nasrani, hari itu diubah menjadi hari Ahad. Hal ini dilakukan untuk membedakan dari umat Yahudi. Selain itu, mereka juga mulai melakukan salat menghadap ke timur, menuju batu di timur Al-Aqsha. (Tafsir Ibnu Katsir, 4/612).

"Oleh karena itu, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam sangat menyanjung keberadaan hari Jumat. Hal ini menunjukkan kesesuaian kita. Ketika kita menghormati hari Jumat, itu sejalan dengan yang dipilih Allah," ujar Ustaz Ammi Nur Baits.

Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu menceritakan,

Pada hari Jumat, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah memberikan peringatan,

نَحْنُ الْآخِرُونَ الْأَوَّلُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَنَحْنُ أَوَّلُ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ بَيْدَ أَنَّهُمْ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِنَا وَأُوتِينَاهُ مِنْ بَعْدِهِمْ فَاخْتَلَفُوا فَهَدَانَا اللَّهُ لِمَا اخْتَلَفُوا فِيهِ مِنْ الْحَقِّ فَهَذَا يَوْمُهُمْ الَّذِي اخْتَلَفُوا فِيهِ هَدَانَا اللَّهُ لَهُ قَالَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فَالْيَوْمَ لَنَا وَغَدًا لِلْيَهُودِ وَبَعْدَ غَدٍ لِلنَّصَارَى

“Kita adalah umat terakhir namun pertama di hari kiamat. Kitalahlah yang pertama kali masuk surga. Meskipun mereka mendapatkan kitab suci sebelum kita dan kita mendapatkan kitab suci setelah mereka. Lalu mereka menyimpang dan kita ditunjukkan Allah kepada kebenaran dalam hal yang mereka perselisihkan. Inilah hari mereka yang mereka menyimpang darinya dan Allah tunjukkan kepada kita. Beliau bersabda lagi: Hari jum’at adalah hari kita dan esoknya hari Yahudi dan setelah besok adalah hari nasrani.” (HR Muslim 2017).

 

Kaum Muslim seharusnya bersyukur atas penunjukan hari Jumat sebagai hari besar bagi mereka setiap pekan.

 

 

 

 

 

 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut