get app
inews
Aa Read Next : Jangan Panik! Begini 4 Cara Mudah Hapus Data di Pinjol

Cuma Modal Sabar dan Komitmen, Begini 7 Cara Melunasi Utang Pinjol

Minggu, 03 Desember 2023 | 19:00 WIB
header img
Cuma Modal Sabar dan Komitmen, Begini 7 Cara Melunasi Utang Pinjol. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas cara melunasi utang pinjol. Mengingat, pelunasan utang pinjol membutuhkan dedikasi dan waktu yang cukup signifikan.

Oleh karena itu, kesabaran dan komitmen menjadi faktor krusial dalam mengatasi permasalahan keuangan yang dihadapi.

Ketika dalam proses melunasi utang pinjol, Anda disarankan untuk menghindari terjerat dalam utang baru, jika memungkinkan. Hal ini guna memastikan kondisi keuangan di masa depan dapat mengalami perbaikan yang lebih baik.

Cara Melunasi Utang Pinjol

Berikut 7 cara melunasi utang pinjol dikutip dari berbagai sumber:

1. Analisis Pemasukan dan Pengeluaran

Cara melunasi utang pinjol pertama adalah menganalisis pemasukan dan pengeluaran Anda secara rutin dan konsisten. Dari catatan tersebut, Anda dapat menyisihkan sebagian pendapatan khusus untuk melunasi utang.

2. Susun Anggaran

Cara selanjutnya yaitu menyusun anggaran bulanan. Hal ini bisa mempermudah pengelolaan pendapatan dan pengeluaran Anda. Dalam pembuatan anggaran, Anda harus mengalokasikan dana untuk membayar utang.

3. Pembayaran Minimum

Jika Anda tidak mampu membayar seluruh jumlah utang pinjol secara langsung, disarankan untuk melakukan pembayaran minimum sesuai dengan kesepakatan dengan perusahaan pinjol. Langkah ini dapat membantu Anda mencegah akumulasi tunggakan dan tingginya tingkat bunga yang dikenakan.

4. Kurangi Pengeluaran

Cara selanjutnya mengurangi pengeluaran rutin. Sebelum melakukan hal tersebut, Anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu pengeluaran harian atau bulanan apa yang bisa dikurangi. Dengan demikian, alokasi uang untuk membayar utang pinjol bisa menjadi lebih banyak

5. Pakai Dana Darurat

Penggunaan dana darurat bisa menjadi salah satu opsi yang dapat membantu mengatasi masalah utang pinjol. Meskipun pada beberapa bulan awal mungkin perlu membayar cicilan secara teratur, namun setelah itu, disarankan untuk mulai memanfaatkan dana darurat atau tabungan untuk kebutuhan hidup atau pembayaran cicilan.

Hal ini diperlukan untuk menjaga reputasi Anda di BI Checking dan mencegah terdaftar dalam daftar hitam ke depannya.

6. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

Banyak orang yang terjebak dalam masalah utang beranggapan bahwa gali lubang tutup lubang merupakan satu-satunya solusi untuk menangani tagiahn yang belum terbayar.

Sebenarnya, tindakan ini tidak efektif dan malah dapat memberikan kerugian lebih lanjut. Alasannya adalah utang Anda akan terus bertambah dengan berbagai tingkat bunga yang beragam.

7. Hubungi Perusahaan Pinjol

Jika Anda menghadapi kesulitan dalam melunasi utang, segera hubungi perusahaan pinjol Anda. Beberapa pinjol bersedia untuk bernegosiasi atau menyediakan opsi pembayaran yang lebih fleksibel. Kemudian, diskusikan situasi Anda dengan mereka dan upayakan mencari solusi bersama.

Itu tadi ulasan 7 cara melunasi utang pinjol penting agar terhindar dari gagal bayar. Semoga menjadi informasi baru untuk Anda.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut