get app
inews
Aa Read Next : Keindahan Tukad Unda di Bali, Sungai yang Memiliki Air Berlapis-lapis

Keunikan Danau Ninivala di Maluku, Air Terlihat Mendidih dan Berwarna Tosca

Minggu, 26 November 2023 | 10:00 WIB
header img
Keunikan Danau Ninivala di Maluku, Air Terlihat Mendidih dan Berwarna Tosca. (Foto: Instagram @sagu.tumbu)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Provinsi Maluku dikenal memiliki destinasi wisata dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Jika berlibur ke Maluku, sempatkan berkunjung ke Pulau Seram. Tepatnya di Desa Piliana, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Seram Bagian Timur. Desa ini berada di ketinggian 1.280 mdpl. Karena itu, masyarakat setempat menjulukinya Desa di Atas Awan. Hampir setiap hari kawasan ini disambangi awan-awan tebal.

Jika berada di desa ini, Anda akan takjub dengan pemandangan danau yang suasananya seperti negeri dongeng. Air danau terlihat cantik berwarna tosca dan airnya mendidih.

Penasaran, ingin tahu seperti apa keindahan Maluku yang harus dikunjungi sekali seumur hidup? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (25/11/2023).

Kampung Unik di Maluku

Kampung unik di Maluku ini berada di Desa Piliana. Pesona alam Desa Piliana begitu luar biasa. Di desa ini terdapat danau dengan air yang terlihat seperti mendidih, mengeluarkan gelembung, dan menghasilkan asap. Akan tetapi airnya tidak panas. Pengunjung bisa mandi dan berenang di dalamnya. Fenomena alam di Pulau Seram ini mungkin salah satu yang paling aneh di dunia. Danau itu bernama Ninivala.

"Ini dia Danau Ninivala yang terletak di Desa Piliana, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku. Ayo dolan ke sini. Mitosnya, sumber mata air ini bisa memudahkan jodoh. Di balik mitos itu, mata air ini akan membuat Anda merasa ada di dunia dongeng. Berwarna warna tosca, dan seakan akan mendidih. Sebenarnya gelembung-gelembung berasal dari air bawah tanah yang dingin dan segar. Ingat untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak mengotori kawasan sekitar danau," tulis Instagram@Ayodolan, dikutip Sabtu (25/11/2023).

Daya Tarik Pulau Seram

Di Pulau Seram, berdiri kokoh Gunung Banaiya yang memiliki ketinggian 3.207 mdpl. Jika Anda hobi mendaki gunung, jangan melewatkan kesempatan untuk mendakinya. Saat melalui rute Desa Piliana, Anda akan disuguhi keindahan Danau Ninivala. Ukuran danau ini tidak terlalu besar. Pasokan airnya berasal dari dalam bumi. Karena itu, air yang keluar dari bawah tanah ini menimbulkan efek gelembung yang banyak serta asap yang pekat.

Meski berasal dari dalam tanah, air yang keluar tidak panas. Sementara, gelembung yang keluar terjadi karena air keluar langsung dari pori-pori tanah. Sedangkan asap berasal dari embun air yang keluar dari tanah dan bertemu dengan panas hawa bumi di luar. Warna air danau juga menarik untuk difoto. Berwarna biru toska, bersih, dan dikelilingi hutan lebat di sekitarnya.

Di tengah danau terdapat dua pohon besar yang tumbuh tinggi. Di pinggir atasnya telah dibangun beberapa saung yang dapat digunakan untuk beristrahat dan menikmati pemandangan. Saung tersebut dibuat oleh warga Piliana secara mandiri. Tidak dipungut biaya sama sekali untuk berenang dan bermain air di danau ini. Namun, Anda harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Jalur menuju Danau Ninivala belum dibangun, Anda butuh usaha ekstra untuk sampai di lokasi. Setelah sampai di Desa Piliana, Anda harus minta izin terlebih dahulu pada tokoh masyarakat setempat apabila ingin mengunjugi Danau Ninivala. Danau Ninivala dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Sekitar setengah jam dari permukiman Desa Piliana. Anda harus melewati jalur setapak yang diapit semak-semak dan beberapa sungai dengan arus lumayan deras.

Itulah seputar kampung unik di Maluku yang bisa dijelajahi sekali seumur hidup. Selamat berkunjung!

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut