get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Polda Sumut bersama Mahasiswa di Jakarta

International Summer Course FISIP USU: Menggali Dalam Politik Agraria dan Hak Asasi Petani

Selasa, 07 November 2023 | 14:58 WIB
header img
International Summer Course FISIP USU. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - International Summer Course FISIP USU memasuki tahun kedua pelaksanaan yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Agraria & Hak Asasi Petani (Puskahap) FISIP USU pada  tanggal 06-14 Oktober 2023 dengan tema "The Agrarian Politics Sovereignty and Peasants' Rights".

Hal ini dikonfirmasi oleh Randa Putra Kasea Sinaga S.Sos, M.Kesos selaku Ketua Pelaksana Summer Course FISIP USU. Selasa (7/11/2023).

Randa mengatakan bahwa Summer course dilaksanakan malalui daring via zoom dan luring dengan melakukaan kunjungan lapangan di Sumatera Utara. Tidak hanya peserta lokal, tetapi juga melibatkan peserta dari berbagai negara termasuk Malaysia dan negara Asia Tenggara lainnya, serta menghadirkan pakar dan akademisi internasional dalam politik agraria.

Ia menambahkan bahwa peserta juga diajak merasakan situasi di lapangan melalui field trip, dengan kunjungan ke basis petani yang mengalami konflik dan berhasil memperjuangkan hak atas tanah mereka. "Kita ajak peserta melihat situasi objektif di lapangan terkait politik agraria dan diselingi kegiatan wisata di Sumatera Utara," jelas Randa.

Melalui summer course ini menjadi wadah pertukaran informasi dan pengalaman bagi peserta. Sementara itu Puskahap berharap tetap dapat menyelenggarakan summer course tahun depan, mengingat banyak kasus agraria di Sumatera Utara. “Jika peserta dari luar berminat pada tema ini, kegiatan ini akan berlanjut dan tahun depan akan menjadi penyelenggara summer course,” ujar Randa.

Ifara, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universiti Sains Malaysia (USM), turut menyampaikan tanggapannya. Program ini perlu diteruskan karena memberikan banyak manfaat, termasuk pengenalan budaya Indonesia dan peluang networking dengan mahasiswa dari berbagai negara. “Selain itu, saya juga dapat melihat kehidupan kampus di Indonesia dan membandingkannya dengan kehidupan kampus di Malaysia,” ujar Ifara.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut