get app
inews
Aa Read Next : Anak Buah Bobby Nasution Maju di Pilkada Binjai, Al Washliyah Siap Dukung Hasanul Jihadi

Wejangan Edy Rahmayadi kepada Pelajar Al Washliyah: Jadilah Pemimpin Berkarakter Kebangsaan

Senin, 09 Oktober 2023 | 17:48 WIB
header img
Gubernur Sumut ke-18 Edy Rahmayadi menekankan pentingnya bagi generasi muda untuk menempa diri menjadi calon-calon pemimpin bangsa masa depan yang berkarakter kebangsaan dan bertakwa. 

RANTAUPARAPAT, iNewsMedan.id - Gubernur Sumut ke-18 Edy Rahmayadi menekankan pentingnya bagi generasi muda untuk menempa diri menjadi calon-calon pemimpin bangsa masa depan yang berkarakter kebangsaan dan bertakwa. 

Wejangan penuh semangat ini disampaikan oleh mantan Pangkostrad tersebut saat menghadiri Musyawarah Wilayah XVIII Ikatan Pelajar Al Washliyah (IPA) Provinsi Sumut, di Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, pada Jumat (6/10). 

“Tempa diri sejak sekarang. Asah jiwa dan skill kepemimpinan berkarakter melalui organisasi pelajar ini,” tegas Edy penuh semangat. 

Pria yang akrab disapa ayah itu menegaskan, untuk menjadi pemimpin berkarakter tidak cukup hanya pintar dan berilmu pengetahuan, tetapi yang utama juga harus memiliki iman dan takwa, serta nilai-nilai luhur bangsa yang sejak dulu diajarkan oleh para leluhur kita, terutama soal nilai kejujuran dan akhlak yang mulia. 

“Pintar dan menguasai IPTEK di era milenial nanti merupakan hal biasa dan lumrah. Namun, yang membuat orang kagum adalah yang berkarakter kebangsaan, bersemangat juang dan bermoral tinggi,” tegas mantan Ketua PSSI itu. 

Kader IPA, lanjutnya, melalui organisasi pelajar apalagi dilandasi nilai-nilai ke-Al Washliyah-an maka akan menjadi estafet kepemimpinan bangsa, termasuk di Sumut. 

“Kader kebangsaan ke depan harus figur yang tidak mudah menyerah, tidak mau ‘lempar handuk’ dalam setiap perjuangan. Ilmu dan iman serta ketakwaan harus menjadi prioritas,” ujarnya. 

Edy Rahmayadi yang juga Pembina Al Washliyah Sumut berpesan, agar para kader IPA harus tetap menjaga nama baik Al Washliyah selaku salah satu organisasi keislaman terbesar di Indonesia yang didirikan di Sumatera Utara. Harapannya, melalui gerakan organisasi ini, para kader IPA menjadi insan-insan yang bertakwa dan berkarakter kebangsaan. 

Senada dengan Edy, Ketua PD Al Washliyah Sumut Dr H Dedi Iskandar Batubara juga menyatakan melalui IPA para pelajar keluarga besar Al Washliyah ditempa memiliki semangat juang kuat dilandasi nilai ke-Islaman yang kokoh. 

“Dengan prinsip pelajar IPA ‘jangan kembali pulang kalau tak menamg’ maka pelajar Al Washliyah sejak dini dipersiapkan menjadi tokoh atau kader bangsa masa depan yang mandiri,” ujar Anggota DPD RI yang pernah menjadi Ketua IPA Sumut pada eranya. 

Berorganisasi dengan status pelajar diakui Dedi Iskandar memiliki banyak keterbatasan namun di sinilah dinamikanya, sebab dengan terbiasa menghadapi tantangan maka kader IPA akan lebih tangguh meniti estapet organisasi selanjutnya. 

Dedi Iskandar juga mengajak pelajar Al Washliyah mensyukuri organisasi Al Washliyah sebagai rumah besar semakin eksis. Baik secara kegiatan keorganisasian, seperti sekolah dan lain-lain, juga para seniornya harus terus didukung menduduki posisi-posisi strategis dalam kepemimpinan bangsa dan negara. 

Sebelumnya, Ketua Umum IPA Pusat Afri Yandi Putra mengajak seluruh kader IPA selain terus giat belajar menambah ilmu pengetahuan dan menguasai perkembangan teknologi juga yang paling penting membangun sopan santun lebih terpuji sebagai salah satu ciri khas karakter pelajar Al Washliyah.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut