get app
inews
Aa Read Next : Gegara Dituduh Curi Motor, Kakek 74 Tahun di Malang Tewas Dianiaya Tetangga Pakai Balok Kayu

Kisah Pilu Pasangan Lansia di Brebes, Hidup dari Belas Kasihan Tetangga yang Iba

Kamis, 21 September 2023 | 19:00 WIB
header img
Kisah Pilu Pasangan Lansia di Brebes, Hidup dari Belas Kasihan Tetangga yang Iba. (Foto: iNews.id)

BREBES, iNewsMedan.id - Terdapat kisah pilu yang dialami pasangan lansia Tasirun (78) dan Sukiyah (60) di Kabupaten Brebes. 

Pasangan lansia yang tinggal bersama satu cucunya yang masih remaja yang hidup dengan segala keterbatasan. Mirisnya, mereka tak mampu membeli beras.

Yang memprihatinkan, mereka tinggal di rumah tidak layak huni di Desa Jagapura Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes. Mereka hidup dari belas kasihan tetangga yang merasa iba.

Pasangan lansia itu juga hanya mampu membeli minyak goreng seharga Rp2.000 untuk memasak. Sehingga wajar ketika mereka sedikit bisa bernapas lega mendaptakan Bantuan Sosial (Bansos) beras 10 kilogram dari Bulog.

Sementara cucunya, Kiki Andriyani (16) terpaksa putus sekolah saat kelas 2 SMP, demi membantu sang kakek bekerja untuk biaya hidup sehari-hari. Selepas putus sekolah, Kiki pun bekerja sebagai pelayan di warung makan.

Untuk menyambung hidup, mereka mengandalkan beras bantuan dari pemerintah. Terkadang saat kehabisan beras mereka terpaksa sambat ke warung kecil.

"Kalau beras habis ya nanti ke warung, hutang dulu. Kadang juga ada tetangga yang ngasih beras untuk makan. Untuk lauk ya seadanya saja," kata Tasirun di rumahnya di RT 03 RW 06 Desa Jagapura, Kersana Brebes,  dikutip dari iNewsBrebes.id, Kamis (21/9).

Tasirun yang bekerja serabutan mengaku, dirinya bakal bekerja saat ada sambatan atau warga yang membutuhkan tenaganya. Kadang ia mencangkul dan dibayar Rp60.000 sehari.

Uang itu ia gunakan untuk membayar hutang segala kebutuhan sembako di warung tetangganya. Di usianya yang renta, ia terpaksa harus terus bekerja demi bisa menyambung hidup.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut