get app
inews
Aa Read Next : Pesona Danau Weekuri di Desa Kalenarogo Sumba, Airnya Jernih dan Bergradasi

Gempar Kasus Kawin Tangkap di Sumba: Bukan yang Pertama 

Rabu, 13 September 2023 | 14:33 WIB
header img
Kasus kawin tangkap yang menggemparkan pekan lalu di Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), ternyata hanya puncak gunung es. (Ist)

Yustina Dama Dia, Direktur SOPAN Sumba, pada Rabu (13/9/2023), mengungkapkan data ini juga dikumpulkan oleh lembaga pemerhati hak anak dan perempuan lainnya, seperti Peruati di Sumba. 

Namun, yang lebih menyedihkan adalah korban dalam kasus-kasus ini adalah perempuan berusia antara 13 hingga 30 tahun. 

" Data ini telah menjadi sorotan berbagai tokoh dan organisasi, termasuk Ketua DPR-RI, Puan Maharani, yang dengan tegas menyatakan bahwa praktik kawin tangkap juga melanggar UU No. 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS)," ucapnya dikutip dari sumba.iNews.id. 

Meskipun SOPAN Sumba mengakui hanya bisa memberikan bantuan dalam empat kasus kawin tangkap, tantangan besar di lapangan, termasuk keterbatasan Sumber Daya Manusia dan pendanaan, menjadi penghambat. 

"Dari jumlah kasus itu, memang hanya bisa kami dampingi 4 kasus, yang lainnya didampingi oleh lembaga lain. Namun, dengan segala keterbatasan yang kami hadapi, tidak semua kasus dapat kami tangani bersama lembaga pemerhati anak dan perempuan di Sumba," pungkas Yustina.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut