get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Wisatawan, Lion Air Buka Rute Penerbangan Pertama dari Balikpapan ke Kualananamu

Pesona Danau Weekuri di Desa Kalenarogo Sumba, Airnya Jernih dan Bergradasi

Selasa, 25 Juni 2024 | 10:00 WIB
header img
Pesona Danau Weekuri di Desa Kalenarogo Sumba, Airnya Jernih dan Bergradasi. (Foto: Instagram @kataomed)

SUMBA, iNewsMedan.id - Terdapat desa dengan pemandangan menakjubkan di Indonesia yang perlu diketahui oleh para pelancong. Salah satunya, ada di desa ini.

Ya, desa tersebut bernama Kalenarogo. Di desa ini tersimpan pemandangan menakjubkan danau bergradasi. Airnya jernih kebiruan. Danau eksotis yang satu ini sangat populer di Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT). Memiliki nama Weekuri, danau ini lebih mirip dengan laguna. Airnya jernih dan bergradasi antara putih jernih, kebiruan, ada juga yang berwarna biru tosca.

Siapa saja yang datang ke danau ini pasti akan takjub dengan keindahannya. Saking jernihnya air danau ini, Anda bisa melihat tembus hingga ke dasar danau.

Nama Weekuri berasal dari bahasa Sumba yang berarti air percikan. Ya, danau ini memang terbentuk dari percikan air laut yang menembus batu karang sehingga membentuk laguna.

Jika melihat di sekeliling danau, Anda akan mendapati pemandangan bebatuan cantik dan eksotis. Mulai dari bebatuan gua yang membentuk stalaktit hingga stalagmit. Di sini juga ada bebatuan karang yang ditumbuhi kaktus.

"Danau Weekuri yang berwarna hijau kebiru-biruan ini merupakan danau yang sangatlah unik jika dibandingkan dengan danau-danau pada umumnya di Indonesia karena kandungan airnya yang asin dan payau. Kenapa asin? Karena sebenarnya danau ini adalah sebuah laguna yang terbentuk dari air lautan lepas yang berada di kisaran danau. Air tersebut masuk dari celah-celah bebatuan yang berada di gugusan karang sekitaran danau," tulis Instagram @ayodolan.

Selain sifat air payau yang dibawa dari laut, uniknya lagi di danau ini terdapat beberapa titik sumber mata air yang membuat gradasi warna air di danau ini bervariatif. Airnya juga bervariasi, ada yang hangat dan dingin. Keunikannya sangat jarang ditemukan pada danau-danau lain di Indonesia.

Danau Weekuri memiliki air yang sangat jernih dengan kedalaman air yang tak cukup dalam, sehingga cocok digunakan oleh pengunjung untuk sekadar bermain air dan berenang. Tersembunyi di balik pepohonan rimbun dan semak belukar, serta jauh dari keramaian kota, suasana di sekitar danau terasa masih sangat asri.

Danau Weekuri berada di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapai tempat ini wisatawan bisa berangkat dari Waikabubak (ibu kota Kabupaten Sumba Barat) atau Tambolaka (ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya).

Wisatawan bisa menyewa mobil atau sepeda mtor dari kota ini. Lama perjalanan dari kedua kota tersebut tak selisih jauh, yaitu sekitar 60 menit.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut