get app
inews
Aa Read Next : Pemilu 2024 Mimpi Buruk bagi Indonesia, Peneliti BRIN: Kita Disuguhi Ketidakpastian

Peternak Ayam Temukan Fosil Amfibi Berusia 240 Juta Tahun, Begini Kata Peneliti

Selasa, 29 Agustus 2023 | 12:00 WIB
header img
Peternak Ayam Temukan Fosil Amfibi Berusia 240 Juta Tahun, Begini Kata Peneliti. (Foto: Robert Thiemann/Unsplash)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Peternak ayam dilaporkan menemukan fosil amfibi raksasa yang telah berusia 240 juta tahun pada 1990-an.

Pensiunan petani memperoleh batu tersebut dari tambang terdekat dan bermaksud menggunakannya untuk membangun diding penahan taman, sebelum akhirnya menyumbangkan batu dan fosil tersebut ke museum Australia.

Setelah hampir dua dekade, kini para peneliti akhirnya memberi nama pada fosil amfibi raksasa ini dan spesies yang bertanggung jawab atas fosil tersebut. Arenaerpeton supinatus diyakini telah ada selama periode Trias, 240 juta tahun lalu.

Oleh karena itu, usia pasti fosil tersebut tidak jelas. Salah satu hal yang membuat fosil ini begitu menarik adalah karena ini memberi gambaran yang hampir lengkap tentang keseluruhan kerangka Arenaerpeton supinatus.

“Kami jarang menemukan kerangka dengan kepala dan tubuh masih menempel, dan pelestarian jaringan lunak bahkan lebih jarang terjadi,” kata kandidat PhD di Sekolah Ilmu Biologi, Bumi dan Lingkungan di UNSW Lachlan Hart.

Editor : Odi Siregar