get app
inews
Aa Read Next : Perluas Layanan Kesehatan, RSUD H Bachtiar Djafar Tambah Poli Paru dan Psikiatri

Upgrading RSU Haji Medan, Warga Sumut Tak Perlu Berobat ke Luar Negeri

Selasa, 15 Agustus 2023 | 17:12 WIB
header img
Upgrading RSU Haji Medan, Warga Sumut Tak Perlu Berobat ke luar Negeri. Foto: istimewa

Diungkapkan Edy, program peningkatan pelayanan kesehatan berkaca dari banyaknya masyarakat Sumut yang berobat ke luar negeri. Menurutnya ada triliunan rupiah uang yang dihabiskan untuk berobat di luar negeri. Karenanya, Pemprov Sumut lakukan peningkatan RSU Haji Medan. 

Edy pun menegaskan RSU Haji Medan milik umum dan semua masyarakat Sumut. Oleh sebab itu, bisa digunakan semua orang Sumut tanpa pandang bulu. 

"RS Haji ini tak memandang apa sukunya, apa agamanya, yang kita pandang sakit apa dia, dan ini menjadikan program yang harus kita selesaikan, saya akan prioritaskan ini," kata Edy. 

Edy juga menyinggung dirinya memiliki program Bus Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB)yang sudah mengelilingi Sumut memberikan pelayanan kesehatan dasar.

"Kita berangkatkan (Bus BKB) ke desa-desa, tak berhenti orang datang berobat, karena tak punya uang," kata Edy. 

Program peningkatan pelayanan kesehatan itu pun diapresiasi Bappenas melalui Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Bappenas Scenaider Clasein Hasudungan Siahaan.

Terwujudnya pembangunan tower itu, dikatakan Acenaider lantaran kepemimpinan Gubernur dan inovasi yang diberikannya. 

"Dibanding provinsi lain, Sumut sudah menjadi leading dalam pelayanan kesehatan dasar yang sudah akan beroperasi," kata Scenaider. 

"RS Haji Medan diharapkan naik kelas dalam standar pelayanannya, jadi kita akan menyamakan level pelayanan internasional dengan demikian rakyat Sumut yang selama ini jauh-jauh mendapat pelayanan, bisa mendapatkan prlayanan yang lebih baik disini," kata Scenaider. 

Toweer pertama telah berdiri dan memiliki 9 lantai, 103 kamar rawat inap dengan total 174 tempat tidur. Ruangan di tower pertama terdiri dari kamar rawat inap standar, VIP hingga VVIP.  Tidak hanya itu, di tower tersebut juga terdapat fasilitas hemodialisa atau cuci darah. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut