get app
inews
Aa Read Next : Kadis Kesehatan Deliserdang: Olahraga Pondasi Kesehatan

Festival Rumah Nusa, Aksi Kolaboratif Ketahanan Iklim dan Pemberdayaan Perempuan

Sabtu, 29 Juli 2023 | 16:59 WIB
header img
Festival Rumah Nusa, aksi kolaboratif ketahanan iklim dan pemberdayaan perempuan. (Foto: Istimewa)

DELISERDANG, iNewsMedan.id - Himpunan Serikat Perempuan Indonesia (Hapsari) Sumatera Utara menutup Kelas Perempuan Mandiri Berbudaya (Kelapa Muda) angkatan pertama (2022–2023) dengan sukses. Dalam rangka menyelesaikan kegiatan tersebut, mereka mengadakan Festival Rumah Nusa

Ketua Dewan Pengurus Hapsari, Lely Zailani mengatakan bahwa festival kali ini bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan keluarga dan ketahanan iklim yang sedang terancam. 

"Dalam festival ini, Hapsari bersama Kelapa Muda Denai Kuala membangun Rumah Nusa dengan menanam tanaman obat dan pangan, serta mengembangkan literasi iklim dan memberdayakan perempuan," katanya, Sabtu (29/7/2023).

Festival Rumah Nusa mendapat apresiasi dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah kabupaten Deliserdang, Perguruan Tinggi dan media massa/jurnalis. Mulai dari Dinas P3AP2KB yang menjadi fasilitator dan menggerakkan kolaborasi antar dinas terkait, seperti Dinas Ketapang, Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Dinas Pertanian, Dinas Kominfostan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas PMD, Dinas Perpustakaan dan Arsip, hingga Kepala Bapedalitbang yang berkenan hadir dalam pembukaan festival. 

Festival Rumah Nusa juga dihadiri oleh seluruh Kepala Desa di kecamatan Pantai Labu dan berbagai organisasi jejaring Hapsari turut hadir sebagai mitra dalam kolaborasi kegiatan ini. 

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut