get app
inews
Aa Read Next : Apa Arti Mimpi Dikasih Uang? Berikut Ulasanya

7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar Tidak Boros

Jum'at, 14 Juli 2023 | 15:00 WIB
header img
Ilustrasi. (FOTO: MNC Media)

4. Buat anggaran per bulan

Jika sudah mempunyai tujuan untuk dicapai, perlu diingat bahwa kamu juga memiliki kebutuhan sehari-hari yang juga penting untuk dipenuhi.

Oleh karena itu, penting juga untuk membuat anggaran periodik. Agar lebih mudah, sesuaikan perencanaan anggaranmu dengan periode perolehan penghasilanmu.

Jika kamu menerima gaji, maka buatlah anggaran per bulan. Jika upahmu per minggu, anggaran bisa kamu buat secara mingguan. Jika penghasilanmu tidak tetap, buatlah dalam nominal rata-rata.

5. Catat pengeluaran

Catatan pengeluaran yang rapi akan membantu kita mengetahui kemana saja uang pergi.

Dengan adanya catatan, kita akan lebih mudah melihat dan mencari akar masalah keuangan yang kita alami dan lebih mudah pula dalam mencari solusinya.

Catatan juga membantu kita melakukan reviu dan evaluasi terhadap tujuan yang ingin kita capai di tahun ini sehingga target tidak menjadi sekadar wacana saja.

6. Berkomunikasi dan terbuka dengan pasangan

Jika kalian sudah berkeluarga, sudah bukan waktunya lagi untuk menabukan obrolan seputar keuangan rumah tangga dengan pasangan.

Jika sebelumnya tak sempat dilakukan, sempatkanlah tahun ini untuk bisa mengobrol soal keuangan secara rutin dengan pasangan. Kalau perlu, buatlah anggaran bersama di awal bulan.

Lakukan reviu bersama di akhir bulan. Masing-masing harus jujur dan terbuka mengenai kondisi keuangan yang ada. Jika ada masalah, duduklah berdua dan cari solusi terbaik.

7. Disiplin

Jika sudah membuat anggaran serta menentukan tujuan dan prioritas, langkah berikutnya adalah disiplin untuk merealisasikannya.

Ajak pasangan untuk turut berkomitmen pada apa yang sudah direncanakan. Dengan demikian, prioritas bisa tetap menjadi prioritas, sementara kebutuhan lain juga tetap terpenuhi.

Itulah 7 cara untuk mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros. 

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul 7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut