get app
inews
Aa Read Next : Tak Diberi Uang, Suami Aniaya Istri hingga Babak Belur di Lubuklinggau

7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar Tidak Boros

Jum'at, 14 Juli 2023 | 15:00 WIB
header img
Ilustrasi. (FOTO: MNC Media)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas tujuh cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros. Salah satunya, displin.

Mengatur keuangan rumah tangga menjadi pekerjaan rutin tahunan agar setiap individu dapat menjalankan rencana sesuai target.

Setiap orang pastinya juga ingin keuangannya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Kita cukup lega prediksi beberapa pengamat menyatakan bahwa tahun ini Indonesia memiliki fondasi yang kuat untuk menghadapi resesi ekonomi global.

Namun, kondisi baik itu akan sia-sia jika kita tak lebih baik dalam mengatur keuangan rumah tangga.

Berikut 7 tips mengatur keuangan rumah tangga agar lebih baik di tahun ini.

1. Kenali kondisi keuangan

Meskipun kita sudah dinyatakan bebas dari jurang resesi, faktanya dunia masih banyak mengalami masalah.

Bukan tak mungkin situasi ini akan berdampak juga ke Indonesia seperti krisis energi dan krisis pangan. Jadi, ada baiknya untuk mulai melihat kondisi keuangan kita sendiri secara realistis.

Ada baiknya kita catat seluruh penghasilan yang ada. Misalnya, apakah portofolio investasimu bertambah? Apakah Anda sekarang memiliki penghasilan sampingan? Punya bisnis online shop?

Catat semua penghasilan yang masuk sehingga kita tahu bagaimana kemampuan finansial di awal tahun ini.

2. Tentukan tujuan

Apa yang menjadi keinginan yang ingin diwujudkan di tahun ini? Tak harus selalu tujuan akhir, kamu bisa saja membuatnya menjadi sebuah garis start. Mulailah dengan membuat tujuan keuanganmu tahun ini.

Contohnya, kamu ingin memulai membangun dana darurat dengan target awal satu bulan pengeluaran rutin. Caranya adalah dengan menyisihkan 5% dari penghasilanmu.

Jika kamu disiplin, maka target dana darurat akan dapat diselesaikan tepat waktu. Tak apa perlahan, lebih fokuslah pada pencapaian tujuan.

Buatlah daftar apa saja yang ingin kamu mulai dan buat rencana serealistis mungkin meliputi target dan jangka waktu yang jelas.

3. Tentukan prioritas

Mungkin kita punya banyak sekali daftar keinginan dan tujuan yang ingin dicapai tahun ini. Namun, sumber dana kita terbatas. Lalu bagaimana?

Tenang, di sinilah kamu bisa menentukan prioritas. Tak salah jika punya banyak keinginan. Untuk bisa memastikan semua bisa diusahakan dan dicapai, kamu harus menentukan prioritas. Di sinilah kondisi kemampuan finansialmu akan menentukan.

Sesuaikan keinginan dan tujuan dengan kondisi finansialmu. Mana yang harus kamu capai tahun ini, mana yang bisa ditunda ke tahun depan.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut