get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sukses Ndo Lina, Single Mom yang Jualan Kerupuk Goreng Pasir Gunakan Moge di Demak

Kisah Mantan Marinir Sukses Meraih Kekayaan dari Menulis dan Seminar

Jum'at, 30 Juni 2023 | 18:00 WIB
header img
Robert Kiyosaki. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Penulis dan motivator keturunan Amerika Serikat-Jepang, Robert Kiyosaki merupakan sosok pantang menyerah yang patut ditiru.

Pria yang lahir dengan nama asli Robert Toru Kiyosaki pada 8 April 1947 ini, mengalami kebangkrutan bisnis berkali-kali, namun akhirnya menjadi penulis dan motivator terkenal di Amerika Serikat (AS). Bahkan dia dapat meraih kekayaan dari menulis buku dan menjadi motivator dalam seminar bisnis.

Dilansir dari berbagai sumber, Robert Kiyosaki menghabiskan masa kecilnya hingga tamat sekolah menengah di Hawaii. Lulus dari Hilo High School pada tahun 1965, ia masuk US Merchant Marine Academy di New York dan lulus pada tahun 1969 sebagai perwira dek.

Robert Kiyosaki kemudian bertugas di Korps Marinir sebagai pilot helikopter tempur selama Perang Vietnam dan dianugerahi Medali Angkatan Udara. Pada tahun 1974, dia keluar dari Korps Marinir dan bekerja sebagai penjual mesin fotokopi untuk Xerox Corporation.

Setelah mengikuti sebuah seminar bisnis pada tahun 1974, hidupnya berubah. Kiyosaki langsung memulai bisnisnya pada tahun 1977 dengan nama Rippers yang memperkenalkan produk dompet "surfer" berbahan nilon dan velcro, namun akhirnya bangkrut. Pada awal 1980-an, Kiyosaki memulai bisnis T-shirt berlisensi untuk Heavy metal band rock, namun lagi-lagi bisnisnya bangkrut.

Terus mengikuti berbagai seminar bisnis dan kesuksesan, Kiyosaki kemudian menulis jurnal dan menerbitkan buku pertamanya dengan judul If You Want to be Rich and Happy Don't Go to School pada 1992. Dalam buku ini, dia mendorong para orang tua untuk tidak mengirim anak-anak mereka ke universitas tetapi memasukkan mereka ke bisnis real estate.

Lalu pada 1997, dia menulis buku Rich Dad Poor Dad yang membawanya meraih kesuksesan. Buku ini menjadi the best seller di New York. Dari kesuksesan buku inilah, Kiyosaki kemudian mendirikan CASHFLOW Technologies Inc yang mengoperasikan dan memiliki merk dagang Rich Dad (dan Cashflow) brand.

Ia adalah penulis dari lebih 26 buku, termasuk seri Rich Dad Poor Dad yang merupakan buku yang di publish sendiri untuk keuangan personal dan sudah diterjemahkan ke dalam 51 bahasa serta sudah dijual lebih dari 41 juta kopi di seluruh dunia.

Kiyosaki kemudian mendirikan Rich Global LLC dan Rich Dad Company, perusahaan edukasi keuangan swasta yang memberikan edukasi keuangan dan bisnis personal kepada orang-orang lewat buku dan video.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut