get app
inews
Aa Read Next : Miris, Gadis Ini Rampok Sang Nenek demi Bayar Utang dan Beli HP Baru

Ini Rahasia Nenek 71 Tahun Asal Bekasi Berhasil Mendaki Gunung Rinjani

Kamis, 22 Juni 2023 | 14:00 WIB
header img
Ini Rahasia Nenek 71 Tahun Asal Bekasi Berhasil Mendaki Gunung Rinjani. (Foto: Istimewa)

MATARAM, iNewsMedan.id - Seorang nenek berusia 71 tahun bernama Anar Tiur Samosir berhasil mencapai puncak Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Perempuan asal Bekasi, Jawa Barat ini sukses menaklukkan gunung dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut.

"Saya sampai di puncak sekitar pukul 14.00 WITA setelah memulai perjalanan dari base camp terakhir di Pelawangan pukul 03.30 WITA pada 20 Juni 2023," katanya, Kamis (22/6/2023).

Perjalanan mencapai puncak Gunung Rinjani terbilang luar biasa. Anar mengingat perjalanannya memakan waktu empat hari tiga malam dari tanggal 18 Juni sampai 21 Juni 2023. Medan yang dilalui cukup ekstrem dari padang rumput atau sabana, hutan, serta kontur jalan setapak yang cukup terjal.

Dia menyebutkan proses menuju puncak itulah yang dirasakan paling berat karena harus melintasi pasir di bawah terik matahari dan angin kencang.

"Pas di puncak, cuman rombongan saya saja yang ada. Pendaki lain sudah turun," katanya.

Lulusan Sarjana Sastra Belanda Universitas Indonesia (UI) dan Master of Antoropology mengatakan, normalnya para pendaki Gunung Rinjani turun dari puncak itu sekitar pukul 10.00 WITA setelah memulai pendakian dari base camp terakhir di Pelawangan pukul 04.00 WITA.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut