get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Orangutan Internasional, Status Kritis Hutan Penyebab Utama Punahnya Orangutan 

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 4 Orangutan Sumatera dari PKRO Sibolangit Dipindahkan ke SRO Jantho

Kamis, 08 Juni 2023 | 18:00 WIB
header img
Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 4 Orangutan Sumatera dari PKRO Sibolangit Dipindahkan ke SRO Jantho. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Sebanyak 4 individu orangutan sumatera (Pongo abelii) dari Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan (PKRO), Batu Mbelin, Sibolangit, Sumatera Utara (Sumut) dipindahkan ke Stasiun Reintroduksi Orangutan Sumatera (SRO) Jantho, Aceh pada 29 Mei 2023 lalu.

Pemindahan 4 individu orangutan sumatera itu dilakukan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sumut bersama Balai KSDA Aceh, dan lembaga mitra kerja sama Yayasan Ekosistem Lestari (YEL), lewat jalur darat.

Pemindahan orangutan sumatera dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 dan Road To HKAN 2023,” kata Kepala Balai BKSDA Sumut, Rudianto Saragih Napitu, Kamis (8/6/2023).

Rudianto menyebut, tujuan pemindahan itu untuk melanjutkan program rehabilitasi di Forest school agar siap dilepasliarkan ke hutan Jantho, Aceh. 

“Selama di SRO, orangutan ditempatkan di kandang habituasi, sehingga dapat menyesuaikan diri di lokasi baru, untuk nantinya dilepasliarkan. Kegiatan pelepasliaran merupakan pengembalian satwa ini ke daerah asal atau habitat alaminya,” jelasnya.

Rudianto menambahkan, 4 individu orangutan sumatera yang dipindahkan itu bernama Ashoka, dengan jenis kelamin betina berusia 8 tahun.

"Ashoka berasal dari hasil sitaan Balai KSDA Aceh bersama HOCRU OIC di Desa Lestari Piring, Kabupaten Gayo Luwes, Aceh, masuk ke PKRO Batu Mbelin, Sibolangit pada 14 April 2017," ucapnya. 

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut