get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hardiknas 2024, Pj Gubernur Sebut IPM Sumut Terus Meningkat hingga di Atas Angka Nasional

Peringati Hari Orangutan Internasional, Status Kritis Hutan Penyebab Utama Punahnya Orangutan 

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:37 WIB
header img
Konferensi pers yang digelar Sumatera Tropical Forest Journalism (STFJ) dalam rangka memperingati Hari Orangutan Internasional. (Foto: Jafar/iNewsMedan.id).

MEDAN, iNewsMedan.id - Hari Orangutan Internasional yang diperingati setiap 19 Agustus menjadi momentum bagi semua pihak untuk menegaskan bahwa hewan yang sangat dilindungi tersebut dengan status kritis itu harus hidup di hutan.

Ketua Dewan Kehutanan Daerah (DKD) Sumatera Utara, Panut Hadisiswoyo menegaskan bahwa status kritis Orangutan ini harus dibutuhkan keseriusan atas ancaman bagi manusia itu.

"Orangutan tetap dihutan, penjaga hutan, penjaga ekosistem hutan. Kondisi Orangutan harus diperjuangkan agar tidak punah," kata Panut dalam konferensi persnya yang digelar Sumatera Tropical Forest Journalism (STFJ) dalam rangka memperingati Hari Orangutan Internasional di Kafe Rumah Kita Jalan STM, Medan, Jumat (12/8/2022).

Panut mengakui, bila upaya mengatasi kritis Orangutan ini tidak mudah. Berbagai tekanan kerap dihadapkan dalam upaya menghentikan perburuan dan perdagangan hewan dengan nama latin Pongo itu. Hewan endemik Indonesia ini sendiri terdiri dari Orangutan Sumatera (Pongo abelii), Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) dan Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus).

"Orangutan tidak dalam keadaan baik-baik saja. Kita harus menyadari tantangan semakin besar, dengan tekanan yang sangat tinggi dari berbagai aspek. Kebutuhan perluasan lahan, untuk pembangunan, perkebunan, jalan juga lainnya," ujar Panut. 

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut