get app
inews
Aa Read Next : USU dan PT. Agro Sindo Bersinergi Majukan Peternakan Domba dan Kambing 

Wujudkan Green Building di Perkotaan, Peneliti WCU USU Kerjasama dengan Universiti Sains Malaysia 

Jum'at, 19 Mei 2023 | 12:00 WIB
header img
Wujudkan Green Building di Perkotaan, Peneliti WCU USU Kerjasama dengan Universiti Sains Malaysia  (ist)

Pada pertemuan itu Prof. Dr. Ahmad Sanusi Hassan mengajak tim peneliti untuk mengadakan conference bersama yang akan dilaksanakan pada Januari 2024 di Bangkok bersama-sama dengan universitas lain dari Oman dan Thailand 

Selanjutnya, tim melakukan Focus Group Discussion bersama Mr. Baylon Tham dari Malaysia Green Building Council. Pada pertemuan itu Prof Sanusi dan Mr. Baylon menjelaskan mengenai pengukuran mengenai bangunan hijau berdasarkan rating tools dari Malaysia Green Building Council  dan contoh bangunan hijau yang ada di Malaysia dan Pulau Pinang. 

Kemudian pada Jumat, 12 Mei 2023, tim melakukan site visit ke bangunan hijau yang ada di Penang. Bangunan pertama yang dikunjungi adalah Paramit Buiding yang terletak di Bukit minyak, Penang, Malaysia. Tim disambut baik oleh Mr. Loh Chee Keong selaku Facilities Manager Paramit Building. 

Bangunan ini berfungsi sebagai pabrik elektronik dan memiliki konsep desain bangunan dalam hutan. Bangunan ini fokus pada konservasi energi yaitu mengutamakan pencahayaan alami dan sistem pengudaraan yang direncanakan pada lantai bangunan dan AC untuk tetap menjaga suhu ruang pada 22-25C. pengehematan energi yang diperoleh ialah sebanyak 40% dari penggunaan energi normal. 

Kemudian tim melakukan kunjungan  ke Night Shelter for Homeless yang dibanguan oleh Majlis Bandaraya Pulau Pinang (MBPP) . Tim ditemani oleh Mr. Baylon Tham selaku arsitek bangunan tersebut. 

Bangunan ini diperuntukkan untuk para gelandangan di Pulau Pinang. Bangunan ini mengusung konsep zero energy, zero water dan zero waste. Pencahayaan dan pengudaraan alami dimaksimalkan dengan penggunaan rooster pada bangunan. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut