get app
inews
Aa Read Next : Meryl Saragih: Semua Perlu Ikut Merayakan Hari Perempuan

Hanura, PPP dan PAN Serahkan Berkas Bacaleg untuk DPRD Sumut ke KPU

Jum'at, 12 Mei 2023 | 19:02 WIB
header img
Hanura, PPP dan PAN Serahkan Berkas Bacaleg untuk DPRD Sumut ke KPU. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Partai Hanura, PPP dan PAN menyerahkan seluruh berkas pendaftaran Bakal Calon Legislator (Bacaleg) untuk DPRD Sumut ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Medan, Kamis (12/5/2023).

DPD Partai Hanura Sumut menyerahkan berkas pada sekitar pukul 10.00 WIB. Kemudian, DPW PPP pukul 14.00 WIB. Lalu, DPD PAN Sumut pukul 15.00 WIB.

Ketua DPD Hanura Sumut, El Adrian Shah mengatakan, Hanura mendaftarkan 100 Bacaleg di Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024. Dari 100 Bacaleg, sambung EL, Hanura juga mendaftarkan Bacaleg dari kalangan wanita sebesar 40 persen.

"Kalau dari hasil penghitungan KPU tadi tadi, keterwakilan perempuan sebesar 40 persen," ucapnya.

El menambahkan, Partai Hanura mempunyai target 12 kursi DPRD Sumut dalam pileg mendatang. Mengingat, kata El, 6 Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Hanura kembali ikut berjuang di Pemilu 2024.

"Jadi targetnya 1 kursi 1 Dapil. Dan DPRD Sumut itu ada 12 dapil, kabupaten/kota sebanyak 145 Dapil serta 3 kursi untuk DPR-RI," jelasnya.

Lebih lanjut, EL mengaku optimis bahwa Partai Hanura Sumut mampu berjuang secara santun dalam Pemilu 2024 mendatang.

"Yang penting kita berjuang dengan santun dan berdoa. Semoga Partai ini bisa memenangkan target di Pemilu 2024 mendatang," terangnya

Ketua DPW PPP Sumut, Jafaruddin Harahap mengatakan, pihaknya hanya mendaftarkan 90 orang Bacaleg, meski kuota yang tersedia 100. Kemudian, kouta prempuan sebesar 30 persen.

"Alhamdulillah, berkas kita dinyatakan lengkap oleh KPU Sumut," jelasnya.

Jafaruddin menjelaskan, pihaknya memasang target 12 persen perolehan suara atau 12 kursi untuk mengisi DPRD Sumut. Ia pun mengaku optimis hal itu mampu tercapai di Pemilu 2024.

"Sehingga ini, menjadi bahwa PPP akan meraih kemenangan di 2024, yang akan mendatang. Target ke DPRD Sumatra Utara yaitu 10 kursi dari 9 dapil yang kami targetkan," ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Sumut, Syah Afandin mengatakan saat melakukan pendaftaran Bacaleg ini, ada berkas persyaratan yang harus dilengkapi berdasarkan, petunjuk dari KPU Sumut.

"Ada kesalan unggah di Silon, ada dapil kita yang double. Jadi KPU tadi menyarankan agar kita perbaiki, untuk besok diantar kembali," ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk Bacaleg ke DPRD Sumut, sebanyak 100 orang. Termasuk, kouta wanita sebesar 30 persen juga ikut terpenuhi.

"Kalau DPR RI kita target ada 3 kursi, untuk DPRD Sumut 12, untuk DPRD Kabupaten/Kota. Kita masih menseleksi ini tergantung nanti bagaimana perkembangannya dari masing masing Kabupaten/Kota," katanya.

Sedangkan, Komisioner KPU Sumut, Batara Manurung mengungkapkan sejak dibuka pendaftaran Bacaleg DPRD Sumut, tercatat sudah 5 partai politik, yakni PKS, PDI Perjuangan, Partai NasDem, Hanura, PPP dan PAN.

"Sampai saat ini, sudah 5 partai politik yang mendaftarkan Bacaleg mereka ke KPU Sumut," sebutnya.

Dari kelima parpol tersebut, Batara mengatakan PDI Perjuangan berkas sempat dilakukan perbaikan dan sudah selesai. Kemudian, PAN ada harus dilakukan dilengkapi atau diperbaiki. Sedangkan, berkas syarat pendaftaran PKS, NasDem dan PPP dinyatakan lengkap.

"PAN, hari ini kita kembalikan, karena ada satu hasil pemeriksaan kami, syarat pencalonannya belum, sesuai dan benar. Lalu kita kembalikan, kemudian diberi waktu melakukan perbaikan sampai kembali mengajukan sampai tanggal 14 Mei 2023," pungkasnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut