get app
inews
Aa Read Next : Bandara Kualanamu Layani 24.055 Penumpang Pada Puncak Arus Balik Nataru 2024

Warga Irlandia Utara Terkonfirmasi Covid-19 di Rumah Sakit Royal Prima

Rabu, 05 Januari 2022 | 18:59 WIB
header img
Ilustrasi Positif Covid-19. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara melaporkan satu warga negara (WN) Irlandia Utara terkonfirmasi positif Covid-19 dan bergejala varian omicron. Sementara itu pasien tersebut tengah dirawat di Rumah Sakit Royal Prima, Kota Medan, Sumatera Utara.

"Tadi pagi masuk ke rumah sakit dan sudah kita konfirmasi ke rumah sakit tersebut, dan sudah diambil PCR, dia dinyatakan positif Covid-19," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut, Aris Yudhariansyah. Rabu 5 Januari 2022.

Aris menjelaskan, saat ini pihaknya belum dapat memastikan pasien tersebut terkonfirmasi positif varian Omicron. Namun, sesuai prosedur pemeriksaan pasien Covid-19, seluruh sampel akan dikirim ke Balitbangkes Kementerian Kesehatan untuk diteliti apakah pasien tersebut terpapar Omicron.

Untuk diketahui pasien tersebut baru saja melakukan perjalanan dari luar negeri. Ia terdeteksi masuk ke Medan dari Singapura melalui Jakarta, beberapa hari lalu. Dan dari informasi yang diperoleh, pasien tersebut merupakan karyawan salah satu perusahaan di bidang ekspedisi dan juga kerap berpindah-pindah dari satu negara ke negara lain.

"Terlacaknya di Bandara Kualanamu. Kawan-kawan KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) yang menemukannya, karena WNA," jelas Aris.

Lebih lanjut, Aris menyampaikan, Dinkes Sumut akan melakukan koordinasi dengan Dinkes Medan dan juga pihak terkait lainnya untuk melakukan penelusuran kontak erat pasien tersebut.

"Kita akan berkoordinasi dengan Medan terkait dengan siapa-siapa saja orang yang menjadi kontak erat dari pasien yang terkonfirmasi Covid-19 itu.  Yang pasti masuk rumah sakit itu tadi, beliau sempat juga dikarantina oleh kawan-kawan KKP di Kualanamu, dari situ dia diketahui terkena Covid-19," tegasnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut