get app
inews
Aa Read Next : Dinas Damkarmat Medan Edukasi Anak Usia Dini tentang Bahaya dan Penanganan Kebakaran

Akta Lahir Hilang Bisa Dicetak Ulang, Begini Prosedurnya

Rabu, 05 Januari 2022 | 10:53 WIB
header img
Akta Lahir adalah dokumen penting berkaitan dengan pengurusan berbagai birokrasi data kependudukan. (Foto: SINDOnews)

AKTA Lahir adalah dokumen penting berkaitan dengan pengurusan berbagai birokrasi data kependudukan. 

Saking pentingnya, pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1990 tentang Pengesahan Konvensi Tentang Hak Anak mengatur setiap anak yang lahir wajib diberikan akta kelahiran

Akta kelahiran menjadi persyaratan penting dalam pengurusan membuat e-KTP, kartu keluarga, pendaftaran sekolah, pembuatan paspor, pengurusan asuransi sampai pembuatan surat nikah. 

Sayangnya, akta kelahiran juga dokumen yang juga rawan hilang , entah akibat bencana atau hal lain. 

Tidak perlu panik. Sebagaimana disampaikan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, mengurus akta kelahiran yang hilang sangat mudah. 

Tanpa dipungut biaya, akta kelahiran yang hilang dapat dicetak kembali. 

Berikut tata caranya: 

1. Mengurus Secara Langsung Untuk mengurus atau memperoleh kembali akta kelahiran yang harus dilakukan adalah: 
a. Mengurus sesuai alamat KTP dan Kartu Keluarga saat ini ditempati (untuk penduduk yang sudah pindah rumah dan alamat berbeda dari saat menggurus akta kelahiran) 
b. Menyiapkan foto KTP orang tua 
c. Tidak perlu melampirkan surat pengantar dari RT/RW ataupun Kelurahan d. Membawa surat kehilangan dari kantor polisi 
e. Setelah itu mengurus akta yang hilang langsung ke Dinas Dukcapil setempat 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut