get app
inews
Aa Read Next : Dipecat PDIP, Gibran: Ya Gak Apa-apa

Eks Direktorat Relawan Tim Kampanye Jokowi - Ma'ruf Amin Sumut Dukung Sandiaga Uno

Rabu, 26 April 2023 | 15:00 WIB
header img
Eks Direktorat Relawan Tim Kampanye Jokowi - Ma'ruf Amin Sumut Dukung Sandiaga Uno (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id -  Kinerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno diapresiasi oleh bekas lawan politik Prabowo - Sandiaga Uno yakni eks Direktorat Relawan Tim Kampanye Daerah (TKD)#01 Jokowi - Ma'ruf Amin, Sumatera Utara, Sahat Simatupang. Menurut Sahat, sejak Sandiaga Uno diangkat menjadi Menteri pada Kabinet Indonesia Maju, Desember 2020, kinerja Sandiaga dalam mengembangkan potensi pariwisata terbilang sangat baik meski memulai tugas sebagai menteri harus berhadapan dengan pandemi Covid -19.

Simatupang menilai Sandiaga mampu mengembangkan potensi wisata Danau Toba di Sumut; Labuhan Bajo di NTT; Mandalika Lombok di NTB; Wakatobi di Sulawesi Utara dan potensi wisata lainnya diluar Pulau Bali yang sudah menjadi destinasi utama, sehingga bisa menjadi penopang ekonomi negara yang sedang dalam kondisi terpuruk akibat terpaan Covid - 19. 

Jika dahulu Indonesia hanya mengandalkan Bali untuk menghasilkan devisa dari sektor pariwisata dan sempat ambruk akibat terpaan Covid - 19, namun tangan dingin Sandiaga Uno sejak menjabat Menteri Pariwisata, ujar Sahat, destinasi wisata yang sempat terhenti akibat pandemi Covid - 19 perlahan bangkit dan sudah menghasilkan devisa dalam jumlah lumayan besar dimasa pemulihan ekonomi akibat terpaan Covid - 19.

" Melihat dari data pertumbuhan pariwisata devisa yang dihasilkan dari sektor wisata dan ekonomi kreatif Indonesia tahun 2022 naik drastis dengan modal anggaran Kementerian Pariwisata tahun 2022 sebesar Rp 3, 5 triliun atau setara US$ 234, 295 juta mampu menghasilkan devisa US$ 4,26 miliar. Itu artinya ada tanda - tanda sektor pariwisata akan rebound pada 2023 dan menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia dimasa mendatang." kata Sahat Simatupang, Rabu (26/3/2023).

Menurut Sahat, meski sektor pariwisata bukan kategori wajib pemerintah seperti bidang pendidikan dan kesehatan serta infrastruktur, namun Sandiaga, ujar Sahat mampu merangsang pemerintah kabupaten/kota dan provinsi untuk mengoptimalkan potensi wisata di daerah masing - masing termasuk alokasi anggaran APBD seperti anggaran APBD Provinsi NTB untuk pengembangan wisata daerah tersebut. 

" Kami juga mengapresiasi Sandiaga Uno yang telah membuka lapangan kerja kepada 3,6 juta pekerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif disaat pekerja industri di pabrik terancam PHK. Kesimpulan kami industri pariwisata memang betul - betul melibatkan manusia yang bekerja dan tidak bisa diganti mesin atau robot seperti industri pabrik. Selain itu sektor pariwisata bukan lah industri yang full finance seperti industri manufaktur sehingga rakyat yang tidak bermodal besar pun bisa jadi pengusaha pariwisata." tutur aktivis 98 ini.

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut