get app
inews
Aa Read Next : Unilever Mulai Ekspor Kontainer Melalui Pelabuhan Kuala Tanjung

Kisah Sukses Pengusaha Asal Sleman, Pernah Tolak Jadi PNS Kini Ekspor Salak ke Mancanegara

Senin, 17 April 2023 | 10:00 WIB
header img
Kisah Inspiratif Pengusaha Asal Sleman, Pernah Tolak Jadi PNS Kini Sukses Ekspor Produk Olahan Salak ke Luar Negeri. (Foto: Youtube BOSS MILO)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Kisah sukses pemilik Zalac Food Indonesia, Untoro Hadi Suharto menarik untuk diulas. Sebab, ia merupakan anak yang tumbuh di tengah dominasi keluarga yang menjadi PNS. Meski begitu, ia kekeh memilih jalan menjadi wirausaha.

Awalnya, orang tua sempat melarang pria asal Sleman, Yogyakarta ini untuk menjadi pengusaha. Butuh waktu lama baginya untuk mendapatkan restu mengembangkan usahanya yang menawarkan produk olahan salak.

“Saya resign dari perusahaan di 2018, orang tua tetap menyuruh untuk jadi PNS, tapi saya pilih untuk mengembangkan bisnis Zalac Food Indonesia ini,” kata dia, dikutip dari YouTube BOSS MILO, Minggu (16/4/2023).

Bisnis ini dikembangkan oleh Untoro karena melihat potensi salah di wilayahnya yang luar biasa. Selain itu, juga untuk meningkatkan nilai ekonomis dari salak. Pasalnya, banyak petani yang mengeluhkan harga salak anjlok dan beberapa lahan salak yang dialihfungsikan di daerah Srumbung, Magelang dan Turi, Sleman.

Dia pun mulai mengeksplorasi beberapa jenis produk olahan salak, seperti manisan salak, kripik salak, krupuk salak, dodol salak, geplak salak hingga kpi biji salak. Untoro berhasil memasarkan produknya hingga ke mancanegara, seperti Jerman, Malaysia, Kamboja, Thailand, dan China.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut