get app
inews
Aa Read Next : Simak, Ini Etika Bebas Berpendapat di Ruang Digital

Ekonomi Pasca-Pandemi: Disrupsi Teknologi dalam Memacu Pertumbuhan Ekonomi

Kamis, 13 April 2023 | 15:16 WIB
header img
Ekonomi Sumatera Utara tumbuh 4,73 persen. (Foto: Kharisma/iNewsMedan)

Selanjutnya, Dosen Fakultas Bisnis IBI Kesatuan, Dr. Mumuh Mulyana, SE., MM., MSI., CBPA., CPSM., CCBA menjelaskan bahwa mengenai pemanfaatan teknologi digital bagi UMKM dalam meningkatkan jangkauan dan skala usaha. Aspek-aspek kewirausahaan muncul paling tidak terdapat 30 sikap mental positif dari pelaku bisnis atau entrepreneur yakni diantaranya jujur, bertanggungjawab, inovatif, kreatif, percaya diri, analitis, produktif, tekun, disiplin, tertib, fokus, memiliki rasa empati, dan masih banyak lagi.

“Kita perhatikan lebih lanjut membahas tentang bisnis kecil sebagai entrepreneur dan sebagai wirausaha tugasnya adalah creating value. Pendiri facebook Mark Zuckerberg menyampaikan hal yang sama bahwa memunculkan value menjadi bagian terpenting. Sehingga, dengan adanya digitalisasi maka value yang dicari akan lebih mudah dan dapat meningkat karena didalam media digital akan lebih cepat memberikan persepsi value terhadap banyak orang tentang sebuah produk.” Ungkap Mumuh.

Terdapat 4 pilar digitalisasi yang bisa dikembangkan yaitu berkembangnya mobile devices, adanya big data, cloud, dan social media. Dorongan digitalisasi akhirnya menjadi penting karena setiap UMKM harus bergerak menggunakan media digital ini sehingga dapat lebih maksimal. Sehingga, konsekuensinya adalah bahwa pelaku UMKM harus Go digital, sosial media harus menjadi peran penting dalam UMKM, SEM SMM SMO dan SEO memiliki peran strategis untuk bisnis.

“Pemanfaatan teknologi dalam pengembangan UMKM agar go digital paling tidak ada 4 hal yang perlu dilakukan yakni manajemen digital, digitalisasi bisnis, manajemen organisasi berbasisi digital, dan manajemen pemasaran berbasis digital.” Tambah Mumuh.

Anggota Komisi I DPR RI, Prof. Dr. Sjarifuddin Hasan, MM., MBA menyatakan dengan adanya teknologi digital sekarang ini, masyarakat khususnya generasi milenial dapat memanfaatkan sebaik-baiknya terutama dalam menjadi entrepreneur atau wirausaha di era digital. Sehingga, nantinya dapat berdampak di dalam negeri maupun di luar negeri. 

“Melihat pertumbuhan teknologi yang ada terutama dalam ekonomi mencapai 5,4 % di era pandemic. 5.4% ini dapat dikapitalisasikan dan di Tahun 2023 ini diharapkan bisa naik sehingga keberhsilan nanti dapat tercapai. Potensi untuk menjadi enterpreneur pergerakan sekarang akan sangat medukung, karena ditunjang dengan infrastuktur yang bagus. Sehingga dapat mengembangkan inovasi dan kreatifitas yang ada serta dapat meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas.” Ungkap Sjarifuddin.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut