get app
inews
Aa Read Next : MUI: Kurma Israel Haram, Jangan Dibeli

Ternyata Kurma Bertahan 3 Tahun Hingga Busuk! Ini 5 Cirinya Tak Layak Dikonsumsi

Jum'at, 07 April 2023 | 14:59 WIB
header img
Buah Kurma (Foto: Shutterstock)

iNewsMedan.id - Pernahkah kamu bertanya-tanya untuk waktu berapa lama bahwa kurma akan membusuk?

Kurma merupakan salah satu sajian yang kerap dijumpai selama bulan puasa. Tak hanya disajikan saat berbuka, namun juga kerap dijadikan andalan saat sahur.

Namun, pernahkan Anda bertanya-tanya berapa lama kurma membusuk? Sama seperti buah atau makanan lainnya, kurma tentu saja bisa membusuk.

Penelitian di Journal of Family & Community Medicine menyebutkan bahwa kurma mengandung banyak gula yang menjadi lebih pekat setelah dikeringkan.

Meski begitu, sama seperti produk buah atau sayuran lainnya, kurma memiliki tanggal kadaluarsa. Menurut Fruits & Veggies, kurma segar yang Anda beli harus diperiksa jamurnya. Pasalnya, hal tersebut bisa jadi merupakan proses pembusukan pada kurma.

Namun umumnya, kurma segar bisa bertahan hingga enam bulan di lemari es dalam wadah tertutup dan tetap beku selama setahun penuh.

Anda dapat menyimpan kurma kering di dapur selama enam bulan, di lemari es dua kali lebih lama, dan dibekukan hingga tiga tahun.

Kurma bertahan untuk waktu yang sangat lama ketika dikeringkan karena kekurangan air membuat kurma cenderung tidak berjamur.

Berapa Lama Kurma Membusuk? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasannya dalam artikel ini. 

Nah, berikut ini adalah 5 ciri-ciri kurma yang tak layak untuk dikonsumsi.

1. Jamuran

Tumbuhnya jamur pada makanan merupakan tanda pembusukan yang sangat jelas. Namun, karena kadar air pada kurma sangat rendah, pertumbuhan jamur pada kurma tidak terlalu sering terjadi dan sulit terlihat.

2. Berubah warna

Kurma, seperti halnya buah lainnya, dapat mengalami pembusukan. Salah satu tanda yang mudah dikenali adalah perubahan warna. Meskipun kurma memiliki banyak jenis yang berbeda, setiap jenisnya memiliki warna yang khas.

Namun, jika kurma yang anda beli mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap dari saat pertama membelinya, lebih baik jangan dikonsumsi karena kurma tersebut sudah mulai membusuk.

Editor : Chris

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut