get app
inews
Aa Read Next : Simak, Ini Etika Bebas Berpendapat di Ruang Digital

Ngobrol Bareng Legislator: Keterbukaan Publik Menuju Good Governance 

Selasa, 04 April 2023 | 10:35 WIB
header img
Ngobrol Bareng Legislator: Keterbukaan Publik Menuju Good Governance 

Staf KPI Pusat, Eustasia Ellen Setyawati menyatakan bahwa untuk mendukung Good Governance diperlukan peran aktif dari seluruh pihak yang terlibat yaitu pemerintah, lembaga publik, serta masyarakat. 

Mengenai pelayanan publik sekarang ini, sudah banyak perbaikan yang telah dilakukan oleh pemerintah. Namun masih ada beberapa masih ada beberapa masalah dalam pelayanan public saat ini misalnya birokrasi yang rumit dan lambat atau prosedur yang berbelit tanpa ada kepastian, korupsi dan kolusi, serta keterbatasan sumber daya. 

"Mengenai keterbukaan informasi publik, masyarakat perlu mengetahuinya karena dapat mencegah dan menekan adanya korupsi, dapat memperkuat partisipasi masyarakat, meningkatkan akuntabilitas, meningkatkan kualitas kebijakan public, dan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat,"Tutur Ellen. 

Pemerintahan yang baik yakni dengan penguatan yang dilakukan diseluruh sektor dan tingkatan pemerintahan mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah hingga lembaga publik dan masyarakat. Serta penguatan yang dilakukan terus menerus dan konsisten, peningkatan kapasitas birokrasi, penguatan mekanisme pengawasan dan pengendalian, dan partisipasi aktif masyarakat dalam mengambil keputusan publik. Kemudian penting juga untuk menjaga integritas dan moralitas dalam setiap keputusan dan tindakan yang diambil. 

“Contoh kasus penanganan good governance di Jakarta adalah mengenai masalah banjir, masalah kemacetan lalu lintas. Upaya yang dilakukan pemerintah yaitu membangun jalan laying, pengelolaan sampah dengan ramah lingkungan dengan system 3R (redure, reuse, dan recycle), pembangunan public transportasi yang lebih terintegrasi, menyediakan banyak ragam jenis trasportasi seperti MRT, LRT hingga busway. Hal tersebut menunjukkan bahwa betapa pentingnya good governance dalam memastikan keberhasilan pembangunan kota yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,"ungkap Ellen. 

Maka dari itu lembaga pemerintah dan institusi perlu keterbukaan informasi, partisipasi publik, dan independensi dan keberpihakan pada kepentingan publik. Selain itu, agar good governance dapat terwujud dengan maksimal masyarakat berperan sangat penting karena masyarakat memiliki beberapa peranan yakni menjadi pengawas, berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan publik, dapat mendorong inovasi dan perubahan, serta menjalin kerja sama dengan pemerintah dan lembaga publik. 

"Sehingga dapat menciptakan negara yang lebih baik dan lebih adil bagi seluruh masyarakat," pungkasnya.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut