MEDAN, iNewsMedan.id - Seperti yang kita ketahui, fashion tidak lagi asing dimata masyarakat mulai dari kalangan anak muda hingga orang tua. Fashion merupakan kebutuhan utama bagi manusia selain pangan dan papan, karena itulah bisnis fashion sangat diminati oleh masyarakat.
Selain kebutuhan utama, fashion dengan bentuk dan merk tertentu merupakan life style yang sudah melekat pada masyarakat. Sehingga, permintaan terhadap produk tersebut selalu ada. Agar bisnis fashion yang menjanjikan sukses, para pebisnis fashion melakukan berbagai cara dalam menghadapi tantangan usaha yang ada, salah satunya memanfaatkan perkembangaan teknologi saat ini.
Berikut salah satu bisnis yang memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai target pemasaran yaitu Willcays. Willcays merupakan bisnis yang bergerak dibidang fashion. Ada berbagai macam produk yang dijual yaitu sepatu, sendal, kemeja, kaos, waistbag, celana, hodie, jam tangan, dan parfume.
Produk yang dijual tersebut memiliki berbagai macam merk terkenal di Indonesia, seperti Nike, Adidas, Puma, Skechers, serta Onitsuka. Keunggulan bisnis ini dibandingkan dengan bisnis yang lain, karena kualitas original dan harga juga lebih murah, dibandingkan jika kita membeli di pusat perbelanjaan.
Maka, penting bagi bisnis fashion khususnya pada bisnis Willcays untuk melakukan target pemasaran yang tepat di era kemajuan teknologi yang canggih dengan memanfaatkan berbagai aplikasi yang disediakan oleh Smartphone khususnya media sosial Instagram, Shopee, Tokopedia dan melalui via chat WhatsApp.
Willcays tidak hanya mempromosikan produknya melalui offline, namun mampu memanfaatkan teknologi sebagai tempat pemasarannya yaitu menggunakan akun media sosial Instagram yang akun jualannya diberi nama “Willcays”.
Para konsumen bisa membeli pemesanan langsung dari akun media sosial Instagram, kemudian nanti ada tertera link yang terdiri dari Tokopedia, Shopee, dan WhatsApp untuk memilih produk yang diinginkan dan dapat berkomunikasi ataupun request dari para konsumen.
Willcays juga tidak lupa untuk selalu memberikan promo, tidak hanya momen tertentu saja bahkan hari biasa pun mereka tetap memberikan promo.
Bagi pengusaha pada fashion ini, dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih mampu membuka pasar baru bagi para pengusaha tidak hanya dibidang fashion saja. Pengusaha bisa mendapatkan konsumen tidak hanya dari dalam kota tetapi mampu menembus pasar diluar kota. Bagi pengusaha memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada saat ini sangat membantu mengembangkan pemasaran dari penjualan.
Artikel ini ditulis oleh Dita Fatimah Khairani, Mahasiswi Magister Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara
Editor : Odi Siregar