get app
inews
Aa Read Next : Manfaat Digital Marketing untuk Usaha & Bisnis

Manfaat Artificial Intelligence untuk Digital Marketing

Jum'at, 31 Maret 2023 | 16:45 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

6. Teknologi Pencarian Visual dan Pengenalan Gambar

Jika metode pencarian pada umumnya menggunakan metode pencarian kata kunci, maka di AI ini metode pencariannya telah di kembangkan dengan pencarian visual dan pengenalan gambar. Dengan metode pencarian visual ini tentu akan semakin memudahkan user dalam mencari produk berdasarkan bentuk sesuai gambaran yang mereka inginkan.

7. Hemat Biaya Iklan

Target user pada metode marketing yang didukung dengan AI akan jauh lebih murah sehingga berpotensi memberikan keuntungan atau ROI kepada pelaku bisnis sebaik mungkin. Selain itu, AI juga menghemat waktu dan biaya pemasaran serta memberikan user experience kepada pelanggan yang lebih baik dan efisien.

8. Analisis Feedback dari Konsumen

Keuntungan lain menggunakan teknologi AI adalah dapat menganalisis komentar atau respon dari konsumen terhadap produk yang Pelaku bisnis rilis. Contohnya, feedback atau keluhan konsumen dapat dideteksi melalui platform media sosial yang populer.  Hal ini dapat memudahkan Pelaku bisnis dalam mengevaluasi produk-produk yang dihasilkan.

Pemanfaatan teknologi digital diyakini sebagai pendekatan efektif mewujudkan tujuan marketing di pasar global. Teknologi memang harus memudahkan pelaku bisnis untuk mencapai kebutuhannya. Selama dapat memudahkan pelaku bisnis melaksanakan kegiatan operasional, maka tak ada keraguan lagi untuk mempelajari dan kemudian menguasai teknologi digital. Pemerintah didukung stakeholders lain dharapkan konsisten membantu pengembangan bisnis meraih keberhasilan bisnis di era digital saat ini secara berkelanjutan.

Artikel ini ditulis oleh Zhafirah Hanan, Mahasiswa Magister Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut