get app
inews
Aa Read Next : Manfaat Digital Marketing untuk Usaha & Bisnis

Manfaat Artificial Intelligence untuk Digital Marketing

Jum'at, 31 Maret 2023 | 16:45 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Artificial Intelligence Marketing (AIM) adalah suatu metode dalam marketing yang menggunakan konsep dengan model kecerdasan buatan seperti machine learning untuk menjangkau pelanggan agar tercapai tujuan pemasaran.

Lalu perbedaan artificial intelligence marketing dengan marketing biasa adalah terletak pada pengguna komputer dan algoritma khusus. AIM tersebut sudah banyak diterapkan dalam digital marketing yang seperti kita lihat banyaknya iklan / endorse suatu produk menggunakan AIM di media social seperti Instagram, Facebook, Tiktok, maupun Twitter.

Cara Kerja AIM

Cara kerja AIM menggunakan perangkat komputer dan algoritma sehingga berbeda dengan metode marketing tradisional. Data raksasa (big data) pelanggan diolah berulang menghasilkan informasi kondisi pasar. Di samping itu, deskripsi pelanggan diperoleh real time sebagai dasar penyusunan program penjualan. Pelaku bisnis dengan mudah dan cepat merespon permintaan melalui chatbot yang tersedia dalam AIM.

Informasi produk disajikan secara utuh sehingga memudahkan pembeli mengambil keputusan terhadap produk yang ditawarkan. Biaya promosi lebih murah karena data dapat dianalisis lebih efektif dan kreatif. Distribusi konten promosi berbasis data menjangkau pasar lebih luas dan sesuai kebutuhan atau keinginan pembeli.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut