get app
inews
Aa Read Next : Pelaku Pemalsuan Dokumen 2.000 Ton Beras Ditangkap, Begini Kata Polda Sumut

Panen Raya Tak Bisa Diharapkan, Harga Beras di Medan Kian Melambung

Rabu, 29 Maret 2023 | 17:05 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Harga beras kualitas bawah yang sebelumnya sempat anjlok diintervensi oleh BULOG, pada perdagangan hari ini mengacu kepada PIHPS (pusat informasi harga pangan strategis) harganya kembali mengalami kenaikan. Di sejumlah pedagang di pasar tradisional di Kota Medan, harga beras naik sekitar Rp500 per kilogram.

Kenaikan harga  beras tersebut tentunya kian  membenamkan daya beli masyarakat di Sumatera Utara (Sumut). Mengingat beras ini menjadi komponen pengeluaran paling besar rumah tangga di Indonesia. Kenaikan harga beras kali ini terjadi disaat pemerintah berencana mengimpor beras sebanyak dua juta ton. Padahal saat ini juga tengah terjadi panen raya, yang seharusnya bisa menekan harga beras.

Namun di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, harga beras kualitas bawah mulai merangkak naik dalam rentang Rp10.000 hingga Rp11 ribu per kilogramnya. 

"Saya berpendapat kalau kenaikan harga beras di tahun ini khususnya bertepatan saat panen raya, lebih dipengaruhi oleh gangguan produksi yang diakibatkan oleh mahalnya biaya input produksi pertanian," kata Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin di Medan, Rabu (29/3/2023).

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut