get app
inews
Aa Read Next : Jaga Silaturahmi, PT Rapala Gelar Buka Puasa Bersama dan Santuni Anak Yatim-Piatu

PNS Dilarang Bukber, Kalau Ketahuan Ini Sanksinya!

Jum'at, 24 Maret 2023 | 13:54 WIB
header img
Ilustrasi PNS (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menegaskan bahwa para pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) wajib mengikuti arahan Presiden Jokowi untuk meniadakan acara buka bersama.

Bila ada ASN yang melanggar, terdapat hukuman yang telah disiapkan oleh pemerintah yang terdiri dari berbagai bentuk, seperti lisan dan tertulis. Menurutnya, Pegawai Negeri Sipil (PNS) berkewajiban untuk melaksanakan kebijakan yang ditetapkan oleh pejabat pemerintah yang berwenang, sesuai PP No. 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

“Tentu bila tetap ada PNS yang buka bersama di lingkungan pemerintahan nanti bisa dilihat sejauh mana pelanggarannya. Sudah diatur, apakah masuk kategori ringan, sedang, atau berat. Dan jenis hukumannya juga sudah ada, mulai lisan, tertulis, dan sebagainya. Tentu nanti Inspektorat di masing-masing instansi yang akan mengkaji,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (24/3/2023).

Perintah Jokowi diperuntukan kepada para menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, kepala badan/lembaga dan ASN yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut