get app
inews
Aa Read Next : Alfamidi Gelar Kegiatan CSR Pencegahan Demam Berdarah di Medan

Corporate Social Responsibility (CSR), Komitmen Perusahaan atau Pencitraan?

Selasa, 21 Maret 2023 | 17:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Pada dua tahun terakhir ini, contoh kegiatan Corporate Social Responsibility atau yang selanjutnya akan kita sebut dengan CSR bisa berupa program donor darah, vaksinasi Covid-19, hingga pengobatan gratis bagi warga kurang mampu. Pada artikel ini saya akan membahas tentang apa itu CSR dan membahas tentang istilah Corporate Social Responsibility Washing.

Pemahaman terhadap CSR sering sekali mengalami kekeliruan, di antaranya adalah:

1. Bagaimana CSR dipahami hanya sekedar kegiatan social belaka, sedangkan dalam CSR itu sendiri ada yang disebut Triple Bottom Line yang sering digunakan perusahaan- perusahaan atau istilah lainnya, Profit , People dan Planet. Di mana penjelasannya adalah profit atau keuntungan merupakan tujuan dasar dalam setiap kegiatan usaha, People atau masyarakat merupakan stakeholders yang bernilai bagi perusahaan, karena sokongan masyarakat sangat dibutuhkan bagi keberadaan, kontinuitas hidup dan kemajuan perusahaan. 

Planet (lingkungan) merupakan sesuatu yang terikat dan tidak bisa lepas dari seluruh aspek dalam kehidupan manusia. Dari sini kita bisa tahu bahwa CSR bukan hanya persoalan social saja tapi juga persoalan dari sisi ekonomi dan juga lingkungan.

2. Permasalahan yang kedua, CSR sering kali dimaknai sebagai donasi perusahaan, ini menarik, kenapa? Dari sudut pandang donasi, masyarakat juga sering menganggap bahwa CSR itu adalah berbagi uang, disinilah letak kesalahpahamannya, kenapa? Karena ketika perusahaan memaknai CSR sebagai donasi uang, perusahaan justru sedang berupaya meminimalisir resiko dari dampak yang sebenarnya ditimbulkan oleh perusahaan, dan perlakuan itu merupakan bentuk dari kegiatan CSR Washing.

Apa itu CSR Washing?

CSR-washing adalah berbagai kegiatan yang dibuat seolah- oleh sebagai bentuk CSR, untuk mendapatkan citra positif, namun bertentangan dengan tujuan CSR yang sesungguhnya, seperti mempromosikan merk dan sebagainya. Sebenarnya hal itu tidak menjadi masalah manakala perusahaan juga turut berkomitmen untuk mendukung tujuan perusahaan, tentunya bukan hanya sekedar ramah akan lingkungan, tapi juga bisa dibuktikan dari lingkungan kerja mereka yang juga baik. 

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut