get app
inews
Aa Read Next : Alfamidi Gelar Kegiatan CSR Pencegahan Demam Berdarah di Medan

Penerapan CSR Bagi Institusi Pendidikan Tinggi

Senin, 20 Maret 2023 | 14:45 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep dimana sebuah perusahaan mempertimbangkan dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan bisnisnya dan bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan antara kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan. Konsep ini juga bisa diterapkan pada institusi pendidikan tinggi sebagai bentuk tanggung jawab sosial terhadap masyarakat.

Penerapan CSR pada institusi pendidikan tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) merupakan wujud dari kepedulian dan kontribusi positif dari perguruan tinggi untuk memajukan masyarakat, khususnya dalam hal peningkatan kualitas pendidikan. 

CSR pada institusi pendidikan tinggi mencakup berbagai bidang, seperti lingkungan hidup, teknik, kesehatan, pemberdayaan masyarakat, ekonomi, politik dan sebagainya. Beberapa bentuk penerapan CSR pada institusi pendidikan tinggi adalah sebagai berikut:

1. Pemberian Beasiswa

Beasiswa merupakan salah satu bentuk penerapan CSR pada institusi pendidikan tinggi. Dalam hal ini, institusi pendidikan tinggi memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang kurang mampu secara finansial untuk melanjutkan studinya di perguruan tinggi. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan beasiswa secara penuh atau sebagian, tergantung pada kebijakan institusi pendidikan tinggi.

2. Pengembangan Infrastruktur

Institusi pendidikan tinggi juga bisa memberikan kontribusi pada masyarakat melalui pengembangan infrastruktur. Misalnya, institusi pendidikan tinggi bisa mengerahkan dosen maupun mahasiswa untuk memberikan kontribusi dalam membangun atau memperbaiki infrastruktur yang ada di lingkungan sekitar seperti jalan, jembatan, atau sarana umum lainnya.

3. Program Pengabdian pada Masyarakat

Salah satu Tri Dharma Pendidikan Tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Institusi pendidikan tinggi juga bisa menerapkan program pengabdian pada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial. Program ini bisa dilakukan melalui kegiatan-kegiatan sosial seperti penyuluhan kesehatan, pelatihan, atau pengembangan usaha kecil dan menengah.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut