get app
inews
Aa Read Next : Duka Selimuti Dunia Hiburan Tanah Air, Aktor Lawas Dorman Borisman Meninggal Dunia

Munculnya Sifat Hedonisme di Era Globalisasi

Senin, 20 Maret 2023 | 13:30 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Globalisasi sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu Globalization. Kata 'Global' berarti mendunia sedangkan 'Lization' berarti proses. Sehingga dalam Pengertian Globalisasi menurut Bahasa adalah suatu proses yang mendunia. 

Globalisasi merupakan suatu proses masuknya negara ke dalam pergaulan dunia. Globalisasi membuat suatu negara semakin kecil atau sempit dikarenakan kemudahan dalam berinteraksi antarnegara baik itu dalam perdagangan, teknologi, pertukaran informasi, dan gaya hidup maupun dengan bentuk-bentuk interaksi lainnya.

Era globalisasi merupakan perubahan global yang melanda seluruh dunia. Dampak yang terjadi sangatlah besar terhadap berbagai aspek kehidupan manusia di semua lapisan masyarakat. Baik di bidang ekonomi, sosial, politik, teknologi, lingkungan, budaya, dan sebagainya. Hal ini disebabkan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan mengubah pola perilaku konsumsi masyarakat.

Era globalisasi membuat masyarakat tergiur dan larut tanpa mereka sadari bahwa globalisasi dapat merubah tata nilai kehidupan masyarakat. Potret nyata adalah sikap individualisme yakni berkurangnya rasa kepedulian serta sikap acuh individu terhadap lingkungan sekitar karena lebih mementingkan kepentingan pribadi. Sikap tersebut tentunya sangat bertentangan dengan budaya di Indonesia, yang selalu menjunjung tinggi nilai kebersamaan. Potret lain yang terlihat adalah Hedonisme yaitu kegiatan yang menghabiskan uang dan waktu untuk berfoyafoya. 

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hedonisme pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup. Hedonisme artinya seringkali dikaitkan dengan berfoya-foya.

Hedonisme adalah istilah yang sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yakni Hedone berarti kesenangan. Jadi, hedonisme adalah gaya hidup yang berfokus mencari kesenangan dan kepuasan tanpa batas. Hedonisme artinya juga dapat diartikan pula sebagai pandangan hidup yang menganggap bahwa seseorang akan merasakan bahagia dengan cara mencari kebahagiaan sebanyak mungkin serta dengan cara bagaimana pun harus menghindar dari perasaan yang dapat membuatnya merasakan sakit. 

Seiring berkembangnya era globalisasi, munculnya gaya hidup hedonisme ini semakin merebak serta meracuni kalangan masyarakat Indonesia terutama pada kalangan remaja, salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh kalangan remaja ataupun masyarakat luas Indonesia dengan sikap hedonisme yaitu membeli beberapa barang dengan brand ternama yang bahkan dianggap tidak terlalu penting.

Cara Mengatasi Hedonisme

1. Mengubah Mindset Konsumtif Jadi Produktif

Cara mengatasi hedonisme pertama, yaitu mengubah mindset konsumtif jadi produktif. Anda harus memiliki pola pikir memandang sesuatu berdasarkan produktivitasnya. Pertimbangkan keuntungan di masa sekarang dan masa mendatang.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut