Logo Network
Network

Hidden Gem! Gua Berbalut Kristal dan Permata

Anjasman Situmorang
.
Sabtu, 18 Maret 2023 | 15:20 WIB
Hidden Gem! Gua Berbalut Kristal dan Permata
Ilustrasi Gua (Foto: Istimewa)

4. Sac Actun (Meksiko)

Sistem gua bawah air terpanjang di dunia adalah Sac Actun. Gua ini berkelok-kelok lebih dari 378 kilometer di bawah semenanjung Yucatan Meksiko. Para petualang dapat berenang di kolam renang alami yang terbentuk saat lubang runtuhan menghubungkan permukaan ke gua bawah air.

5. Derinkuyu (Turki)

Ditemukan kembali pada 1963 setelah renovasi rumah warga negara, Derinkuyu diyakini sebagai sistem gua ukiran tangan terbesar di dunia. Sebagai perumpamaan, para peneliti memperkirakan Derinkuyu dapat menampung hingga 20.000 orang bersama dengan toko ternak dan makanannya.

6. Gua Permata

Lebih dari 340 kilometer sistem Gua Permata telah dipetakan hingga saat ini. Artinya 99 persennya telah dieksplorasi sejak 1959. Gua ini disebut juga “gua pernapasan” yang berarti gua melepaskan atau menghisap udara saat tekanan permukaan berubah dengan cuaca. Gua ini mengambil namanya dari kristal segi atau disebut spar kalsit yang menempel di dinding. Gua Permata juga satu-satunya tempat di dunia di mana publik dapat melihat balon hidromagnesit.

7. Ox Bel Ha (Meksiko)

Ox Bel Ha terbentang lebih dari 300 kilometer dari jalur bawah air. Gua ini bertetangga dekat dengan Sac Actun di semenanjung Yucatan Meksiko. Selama zaman es terakhir, antara 25.000 dan 18.000 tahun yang lalu, permukaan laut lebih rendah di dekat Meksiko dan gua-gua itu kering sehingga dapat diakses oleh manusia. 

Follow Berita iNews Medan di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini